PENERAPAN METODE MUHASABAH AN NAFS UNTUK MENGETAHUI POTENSI DIRI PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA AN NUR KOTA CIREBON

Authors

  • Lutvy Nuraini Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ahmad Muthohar Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dian Dinarni Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Keywords:

Penerapan, metode muhasabah an nafs, aqidah akhlak

Abstract

Muhasabah atau intropeksi diri dilakukan dengan cara memperhatikan keadaan diri, merenunginya, dan mengenal kelemahan-kelemahan yang ada di dalam nya. Ibnu Qayyim mengatakan bahwa intropeksi diri ada dua macam, pertama dilakukan sebelum berbuat, kedua dilakukan sesudah berbuat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menilai kejadian, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan gagasan orang baik secara individu maupun kelompok. Menemukan prinsip dan penjelasan yang mengarah pada kesimpulan membutuhkan penggunaan beberapa deskripsi. Dari hasil penelitian di MA An Nur kota Cirebon, sebagian besar guru memantau perkembangan diri siswa setelah melakukan muhasabah. Hal ini dapat terlihat dari sikap kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, hampir seluruh siswa antusias dalam mengikuti penjelasan materi yang guru sampaikan,.Penerapan dalam metode Muhasabah An-Nafs dilaksanakan dengan beberapa tahapan yakni, merancang tahapan-tahapan yang akan di terapkan dalam pelaksanannya dan disesuaikan dengan tahapan yang lazim terjadi pada metode Muhasabah An-Nafs. Langkah-langkah untuk dapat menerapkan metode Muhasabah An-Nafs, dalam pelaksanaannya konsep Tahalli, Takhalli, dan Tajalli tersebut dijabarkan ke dalam 5 tahapan, yakni Motivasi, Materi Muhasabah, Pembinaan Karakter, Pembinaan Spiritual, serta Pembinaan Kompetensi.

Published

2024-05-29

Issue

Section

Artikel