https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/asf/issue/feed Jurnal Kalam Murobbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2024-05-29T10:50:55+00:00 A. Alvian Fitriyanto alvian.fitriyanto@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Kalam Murobbi : Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah jurnal ilmiah yang memuat karya peneliti dari kalangan dosen, Guru, praktisi, atau mahasiswa yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Fokus utama dari jurnal ini adalah kajian tentang Agama Islam terutama Pendidikan. Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama CIrebon. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November.</p> https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/asf/article/view/718 IMPLEMENTASI MANAJEMEN WAKTU DALAM PERSEPEKTIF SURAH AL-ASHR MENURUT TAFSIR AL-QURTHUBI TERHADAP DISIPLIN SANTRI PONDOK PESANTREN DAARUL HUDA KARANGANYAR MAJALENGKA 2024-05-27T03:08:28+00:00 Nurul Hidayat nh846284@gmail.com Nurhaemin nurhaemin13@gmail.com Dian Dinarni diandinarni0516@gmail.com <p><em>Seiring berrkembangnya zaman, banyak orang yang menyia-nyiakan waktunya, yaitu mempergunakan waktunya dengan hal atau kegiatan yang tidak bermanfaat. Tidak terkucali para santri yang ada di pondok pesantren yang terkadang lupa akan waktu. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan tentang manajemen waktu yang diajarkan dalam islam yang tertuang dalam surah al-Ashr menurut pandangan tafsir al-Qurthubiyang diimplementaskan terhadap disiplin santri pondok pesantren Daarul Huda Karanganyar majelengka. Yang bertujuan untuk mengetahui kandungan surah al-Ashr dan cara manajemen waktu yang efektif dan efesien. Juga menerapkan manajemen waktu yang ada pada surah al-Ashr kedalam disiplin santri. Penelitian ini menggunakan. Pendekatan kualitatif, melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pengasuh dan para asatidz atau pengajar dan juga kepada para pengurus juga para santri. Manajemen waktu yang tertuang dalam surah al-Ashr diimplementasikan kepada kehidupan para santri yaitu dengan meningkatkan kegiatan berjamaah dan wiridan, membuat jadwal kegiatan dan membuata kegiatan diskusi.</em></p> 2024-05-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kalam Murobbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/asf/article/view/724 EFEKTIVITAS METODE SING A SONG DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS 2 MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINNIYAH AWALIYAH AL-MUSTAQIM DESA KERTAWINANGUN KOTA CIREBON 2024-05-29T09:05:05+00:00 Isti Amaliyas Sholichah amaliahisti6@gmail.com A. Alvian Fitriyanto alvian.fitriyanto@unucirebon.ac.id Tosuerdi tosuerdi@gmail.com <p>Skripsi ini membahas bagaimana penerapan metode sing a song dalam mengembangkan minat siswa pada pembelajaran bahasa Arab, karena mayoritas Madrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim, belum begitu mengerti tentang mata pelajaran bahasa arab.</p> <p>Untuk mempermudah siswa kelas 2 dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab maka perlu adanya sebuah metode yang digunakan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena sukses tidaknya pembelajaran tergantung metode yang digunakan. Apalagi dalam pembelajaran bahasa Arab, yang mana pembelajaran bahasa Arab tidaklah mudah dan terkadang menjenuhkna. masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab diMadrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim,.</p> <p>Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan tentang penerapan metode sing a song dalam pembelajaran bahasa arabMadrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim, dimana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi Madrasah Al-Muttaqim sebagai tempat penelitian.peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk menggali data dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 2 Madrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim,.</p> <p>Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data hasil dari penelitian yang di lakukan.peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya metode yang menyenangkan.</p> <p>Agar pembelajaran tidak membosankan, seorang guru perlu memilih metode yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran. Madrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim, dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode sing a son dimana seorang guru menyampaikan meteri&nbsp; pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan&nbsp; metode sing a song.</p> 2024-05-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kalam Murobbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/asf/article/view/722 PENERAPAN METODE MUHASABAH AN NAFS UNTUK MENGETAHUI POTENSI DIRI PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA AN NUR KOTA CIREBON 2024-05-28T02:52:42+00:00 Lutvy Nuraini lutvyna65@gmail.com Ahmad Muthohar a.mutohar@unucirebon.ac.id Dian Dinarni diandinarni0516@gmail.com <p>Muhasabah atau intropeksi diri dilakukan dengan cara memperhatikan keadaan diri, merenunginya, dan mengenal kelemahan-kelemahan yang ada di dalam nya. Ibnu Qayyim mengatakan bahwa intropeksi diri ada dua macam, pertama dilakukan sebelum berbuat, kedua dilakukan sesudah berbuat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menilai kejadian, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan gagasan orang baik secara individu maupun kelompok. Menemukan prinsip dan penjelasan yang mengarah pada kesimpulan membutuhkan penggunaan beberapa deskripsi. Dari hasil penelitian di MA An Nur kota Cirebon, sebagian besar guru memantau perkembangan diri siswa setelah melakukan muhasabah. Hal ini dapat terlihat dari sikap kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, hampir seluruh siswa antusias dalam mengikuti penjelasan materi yang guru sampaikan,.Penerapan dalam metode Muhasabah An-Nafs dilaksanakan dengan beberapa tahapan yakni, merancang tahapan-tahapan yang akan di terapkan dalam pelaksanannya dan disesuaikan dengan tahapan yang lazim terjadi pada metode Muhasabah An-Nafs. Langkah-langkah untuk dapat menerapkan metode Muhasabah An-Nafs, dalam pelaksanaannya konsep Tahalli, Takhalli, dan Tajalli tersebut dijabarkan ke dalam 5 tahapan, yakni Motivasi, Materi Muhasabah, Pembinaan Karakter, Pembinaan Spiritual, serta Pembinaan Kompetensi.</p> 2024-05-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kalam Murobbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/asf/article/view/707 PENANAMAN NILAI NILAI TARBIYAH TAREKAT SYADZILIYAH PADA KADER MATAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA CIREBON 2024-05-11T06:49:05+00:00 Hamdi Amrullah hamdiamrullah81@gmail.com Tosuerdi tosuerdi@gmail.com Tuti Alawiyah tuti.bsy79@gmail.com <p>Degradasi moral di kalangan generasi muda saat ini tentu saja merupakan sebuah tugas berat di zaman modern ini. Akibat kemajuan teknologi yang disebutkan sebelumnya, umat manusia modern mengalami krisis spiritual. Inovasi teknologi ini telah mengubah umat manusia menjadi bumerang yang memicu gelombang globalisasi yang pada akhirnya menguasai alam. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan penanaman nilai-nilai tarbiyah jamaah Syadziliyah pada kader MATAN (Mahasiswa Ahli Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah) Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon. Yang mendorong kadernya memiliki kedewasaan rohani melalui kegiatan-kegiatan yang diagendakan oleh pengurus. Seperti pengajian kitab kuning, rutinitas hari Sabtu, ziarah kubur, pengajian reboan dan MATAN ta'aruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi dokumenter dan wawancara kepada pelatih, ketua dan wilayah studi MATAN yang cukup memberikan pengaruh terhadap MATAN UNU Cirebon. Cirebon. Kegiatan dalam organisasi MATAN berdasarkan asul khomsah, yaitu: Tafaqquh fi al-din, Iltizamut thoat, Tasfiah al-qalb wa tazkiyat al-nafsi, Hifdz al-aurad wa al-adzkar dan Khidmah lil-ummah. Yang selaras dengan nilai-nilai yang ada pada tarekat Syadziliyah itu sendiri yaitu: Nilai Tarbiyah Iman, Nilai Tarbiyah Amal, Nilai Tarbiyah Ilmiah, Nilai Tarbiyah Akhlak, dan Nilai Tarbiyah Sosial.</p> 2024-05-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kalam Murobbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://journal.unucirebon.ac.id/index.php/asf/article/view/723 UPAYA PENINGKATAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ZAMAN DI PDF MM (PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT) BABAKAN CIWARINGIN CIREBON 2024-05-28T14:43:53+00:00 Ahmad Fanani Ahmadfanani2001@gmail.com Tuti Alawiyah tuti.bsy79@gmail.com Sulaeman sulaeman@unucirebon.ac.id <p>Kondisi pendidikan pada saat ini sedang mengalami pasang surut dalam hal pengimplementasiannya itu juga yang menyebabkan menurunnya kualitas tenaga pendidik, kurangnya tenaga pendidik yang profesional, maka peningkatan kualitas guru juga menjadi masalah penting yang harus dibenahi oleh sekolah Pendidikan Diniyah Formal Mua’llimin Mua’llimat Babakan Ciwaringin Cirebon .</p> <p>Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui kualitas tenaga pendidik, meningkatkan kualitas tenaga pendidik serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat tenaga pendidik dalam menghadapi perkembangan zaman di Pendidikan Diniyah Formal Mu’allimin Mu’allimat Babakan Ciwaringin Cirebon.</p> <p>Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menilai kejadian, peristiwa, aktivitas sosial, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tenaga pendidik sekolah Pendidikan Diniyah Formal Mu’allimin Mu’allimat Babakan Ciwaringin Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan berbagai pendekatan data untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan masalah penelitian</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik di pendidikan diniyah formal mu’alimin mu’allimat babakan ciwaringin cirebon, pendidikan diniyah formal memiliki kurikulum 70% kitab kuning 30% ilmu umum, tenaga pendidik semua alumni pesantren yang mumpuni dalam kitab kuning, memahami kualitas tenaga pendidik, adanya kontroling bagi tenaga pendidik dan kontroling bagi siswa dengan cara pengamatan.</p> <p>Kesimpulan dari pembahasan yang peneliti dapatkan dari beberapa narasumber menerangkan bahwa penerapan upaya peningkatan kualitas tenaga pendidik dalam menghadapi perkembangan zaman di pendidikan diniyah formal mu’allimin mu’allimat babakan ciwaringin cirebon sangat penting. Sebab, dengan memahami konsep-konsep yang ada pada peningkatan kualitas tenaga pendidik, tenaga pendidik akan lebih merasa menginginkan kualitas itu terjadi.</p> 2024-05-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kalam Murobbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam