Pengembangan Media Animation Series Terintegrasi Education for Sustainable Development Untuk Memfasilitasi Visualization Learning Pada Materi Energi Terbarukan

Penulis

  • Agni Yusifa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Saefullah
  • Rahmat Firman Septiyanto

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.754

Kata Kunci:

Media ajar, ESD, Pembelajaran visualisasi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi dengan munculnya permasalahan penggunaan energi fosil yang menyebabkan Indonesia krisis akan adanya energi. Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mencegah akan adanya krisis energi. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian pengembangan media ajar terintegrasi Education for Sustainable Development (ESD). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil validasi materi dan media serta respon peserta didik terhadap penerimaan media ajar. Penelitian ini telah mengembangkan media ajar video animasi terintegrasi ESD untuk memfasilitasi visualization learning pada materi energi terbarukan. Metode penelitian ini menggunakan R&D dengan model penelitian 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi dengan tahapan yaitu define, design dan development. Penelitian ini. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 83,7% yang berkategorikan sangat layak dan validasi media diperoleh persentase 85,4%. Respon siswa terhadap media ajar didapatkan persentase sebesar 87,7% yang dikategorikan sangat baik.

Referensi

Anthony, C., Patra, F., & JGG-Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan. (2022). PENGEMBANGAN ENERGI TERBARUKAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI PT. PERTAMINA. 11(2). https://doi.org/10.21009/jgg.112.05

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Widina Bhakti Persada.

Asra, A. A., & Talib, J. (2020). PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA SEJARAH.

Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. 2(2), 85–96.

Fanky Kresnandya, T. (2020). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP VERTEBRATA. www.powtoon.com.

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Irawati, F., Dwi Kartikasari, F., & Tarigan, E. (2021). Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. 11. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Laksana.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Lee, C.-C., Hussain, J., & Chen, Y. (2022). The Optimal Behavior of Renewable Energy Resources and Government’s Energy Consumption Subsidy Design From the Perspective of GreenTechnology Implementation. Renew Energy, 195, 670–680.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1, 86–100.

Puji Lestari, K., & Nasbey, H. (2021). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. JPPPF, 7(1). https://doi.org/10.21009/1

Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69.

Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., Nurmalia, L., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, I., & Ahmad, J. K. (2020). Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit E-Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caramedia Communication.

Tanasyah, Y., Kurnia Putrawan, B., & Sekolah Tinggi Teologi Moriah, I. (2021). DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN LEWAT VISUALISASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA MASYARAKAT 5.0. In Jurnal Teologi Kristen (Vol. 3, Issue 2).

UNESCO. (2020). Education for Sustainable Development: A Roadmap. Paris: UNESCO. Https://Unesdoc.Unesco.Org/Ark:/482 23/Pf0000374802.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Yusifa, A., Saefullah, A., & Septiyanto, R. F. (2024). Pengembangan Media Animation Series Terintegrasi Education for Sustainable Development Untuk Memfasilitasi Visualization Learning Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(2), 92-99. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.754

Terbitan

Bagian

Articles