Pengembangan Media Animation Series Terintegrasi Education for Sustainable Development Untuk Memfasilitasi Visualization Learning Pada Materi Energi Terbarukan
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.754Kata Kunci:
Media ajar, ESD, Pembelajaran visualisasiAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi dengan munculnya permasalahan penggunaan energi fosil yang menyebabkan Indonesia krisis akan adanya energi. Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mencegah akan adanya krisis energi. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian pengembangan media ajar terintegrasi Education for Sustainable Development (ESD). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil validasi materi dan media serta respon peserta didik terhadap penerimaan media ajar. Penelitian ini telah mengembangkan media ajar video animasi terintegrasi ESD untuk memfasilitasi visualization learning pada materi energi terbarukan. Metode penelitian ini menggunakan R&D dengan model penelitian 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi dengan tahapan yaitu define, design dan development. Penelitian ini. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 83,7% yang berkategorikan sangat layak dan validasi media diperoleh persentase 85,4%. Respon siswa terhadap media ajar didapatkan persentase sebesar 87,7% yang dikategorikan sangat baik.
Referensi
Anthony, C., Patra, F., & JGG-Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan. (2022). PENGEMBANGAN ENERGI TERBARUKAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI PT. PERTAMINA. 11(2). https://doi.org/10.21009/jgg.112.05
Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Widina Bhakti Persada.
Asra, A. A., & Talib, J. (2020). PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA SEJARAH.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. 2(2), 85–96.
Fanky Kresnandya, T. (2020). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP VERTEBRATA. www.powtoon.com.
Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Irawati, F., Dwi Kartikasari, F., & Tarigan, E. (2021). Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. 11. http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Laksana.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Lee, C.-C., Hussain, J., & Chen, Y. (2022). The Optimal Behavior of Renewable Energy Resources and Government’s Energy Consumption Subsidy Design From the Perspective of GreenTechnology Implementation. Renew Energy, 195, 670–680.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1, 86–100.
Puji Lestari, K., & Nasbey, H. (2021). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. JPPPF, 7(1). https://doi.org/10.21009/1
Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69.
Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.
Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., Nurmalia, L., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, I., & Ahmad, J. K. (2020). Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit E-Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caramedia Communication.
Tanasyah, Y., Kurnia Putrawan, B., & Sekolah Tinggi Teologi Moriah, I. (2021). DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN LEWAT VISUALISASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA MASYARAKAT 5.0. In Jurnal Teologi Kristen (Vol. 3, Issue 2).
UNESCO. (2020). Education for Sustainable Development: A Roadmap. Paris: UNESCO. Https://Unesdoc.Unesco.Org/Ark:/482 23/Pf0000374802.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Agni Yusifa, Asep Saefullah, Rahmat Firman Septiyanto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.