Tingkat Partisipasi Olahraga Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i4.909Kata Kunci:
Partisipasi Olahraga, Sport Development Index (SDI), Siswa Sekolah Dasar, Wilayah Perdesaan dan Perkotaan, Kabupaten KaranganyarAbstrak
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi olahraga di kalangan siswa sekolah dasar di Kabupaten Karanganyar, dengan fokus pada perbandingan pola partisipasi antara daerah pedesaan dan perkotaan.
Bahan dan metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan melibatkan sampel 180 siswa dari enam sekolah-tiga di daerah pedesaan dan tiga di perkotaan-yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara, dengan menggunakan Sport Development Index (SDI) berdasarkan versi SDI KK - OIR 2006 dan Kuesioner Pengetahuan Literasi Jasmani (PLKQ) yang telah diadaptasi sebagai instrumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SDI untuk melihat dimensi partisipasi olahraga, dengan Microsoft Excel sebagai alat analisis. Indeks partisipasi untuk siswa sekolah dasar adalah 0,622, yang mencerminkan tingkat rata-rata keterlibatan olahraga di seluruh sampel.
Hasil. Menurut norma SDI, hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan olahraga mingguan di kalangan siswa termasuk dalam kategori sedang. Temuan ini menyoroti perlunya intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi kesenjangan dalam partisipasi olahraga, terutama antara daerah pedesaan dan perkotaan.
Kesimpulan. Secara keseluruhan, partisipasi olahraga siswa sekolah dasar di Kabupaten Karanganyar menunjukkan bahwa, menurut norma Indeks Pembangunan Olahraga (SDI), partisipasi mereka termasuk dalam kategori sedang.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Hisyam, Agus Kristiyanto, Deddy Whinata Kardiyanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.