Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Program Sekolah Penggerak

Penulis

  • Muhammad Zaidan Fahrezi Universitas Garut
  • Asep Angga Permadi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.527

Kata Kunci:

Karakter; Profil Pelajar Pancasila.

Abstrak

Karakter siswa yang terbentuk dan berkembang dapat membuat siswa itu sendiri menjadi seseorang yang percaya diri dan mempunyai dampak dampak baik bagi dirinya di kehidupan sehari hari maka dari itu karakter merupakan nilai-nilai universal perilaku manusia yang meliputi seluruh aktivitas kehidupan, baik yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia maupun dengan lingkungan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter profil pelajar pancasila pada siswa dalam pembelajaran pjok sekolah penggerak di kabupaten garut. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMA Negri 8 Garut XI sebanyak 238 orang menggunakan teknik sampling total sampling. Dengan menggunakan instrumen penelitian ini adalah kuisioner (angket). Berdasarkan hasil uji hipotesis diatas, dapat dilihat bahwa jumlah responden (N) ada 238. Berdasarkan data diatas, dapat diketahui bahwa nilai Skewness sebesar -0,146 sedangkan nilai Kurtosis sebesar 1,205. Berdasarkan hasil analisis, jumlah data yang diperoleh dari Pengisian kuisioner telah terbukti bahwa terdapat penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PJOK Sekolah Penggerak di Kab. Garut dengan hasil sebesar 90,46% diterapkannya profil pelajar pancasila dan sebesar 9,54% belum diterapkannya profil pelajar pancasila di sekolah penggerak Kab. Garut.

Diterbitkan

2023-11-27

Cara Mengutip

Fahrezi, M. Z., & Angga Permadi, A. (2023). Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Program Sekolah Penggerak. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 167-173. https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.527