Penerapan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Authors

  • Resty Erka Pratiwi Universitas Garut
  • Zenal Arifin Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.528

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Cikajang.Penelitian ini menggunakan satu salah satu jenis penelitian eksperimen yaitu eksperimen preaksperimen (Preexperimental Design) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata pretest 115,42, setelah diberikan treatment pembelajaran PJOK sebanyak 16 pertemuan, nilai post-test 145,54 sehingga diketahui adanya penerapan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran PJOK. Nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,432. oleh karena itu, t-hitung t-tabel (0,690 > 0,432) dan nilai signifikansinya lebih kecil daripada 0,05 (0,00 < 0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan terhadap skor hasil kemampuan berpikir kritis dengan diberikan pembelajaran PJOK selama 16 pertemuan. Hasil dari penelitian sangat berpengaruh dengan adanya sebuah pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Kesimpulan terdapat adanya implementasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 2 Cikajang.

 

Published

2023-11-27

How to Cite

Pratiwi, R. E., & Arifin, Z. . (2023). Penerapan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 158-166. https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.528