Penyuluhan tentang Cyberbullying sebagai Konsekuensi Penggunaan Gadget Berlebih pada Generasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1683Kata Kunci:
Cyber Bullying, Gaget, Genarasi DigitalAbstrak
Penggunaan gadget secara berlebihan oleh generasi digital telah menyebabkan berbagai masalah sosial dan psikologis yang mengkhawatirkan. Salah satu dampak negatif yang sering terjadi adalah meningkatnya kasus cyber bullying di kalangan siswa SD. Anak-anak yang belum memiliki kemampuan mengendalikan diri dan pemahaman tentang etika digital sering terlibat dalam tindakan merugikan orang lain di dunia maya tanpa menyadari akibatnya. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan berbagai upaya pencegahan dan edukasi secara terus menerus. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah melalui sosialisasi dan edukasi di Sekolah Dasar Desa Halimpu, Kecamatan Beber. Aktivitas ini melibatkan siswa kelas 6 secara langsung. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah melalui kegiatan penyuluhan yang mencakup presentasi, kuis, dan kegiatan menggambar dengan tema bahaya penggunaan gadget. Metode ini dirancang agar pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami, menyenangkan, dan sesuai dengan usia anak-anak. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa semakin memahami pentingnya penggunaan gadget secara bijak, mengenali gejala cyber bullying, serta memahami dampak negatifnya terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan meningkatnya pemahaman siswa tentang cyber bullying sejak usia dini, siswa diharapkan dapat menggunakan teknologi sebagai sarana belajar dan berkarya secara positif. Pengetahuan ini juga merupakan langkah penting dalam membentuk generasi digital yang beretika, bertanggung jawab, serta peduli terhadap keselamatan di dunia maya.

