Sosialisasi Strategi Komunikasi Efektif dalam Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 Nanggela
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1660Kata Kunci:
Bullying, Komunikasi Efektif, Lingkungan Sekolah, Pencegahan BullyingAbstrak
Bullying merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi kesehatan mental, emosional, dan perkembangan sosial individu, terutama pada anak usia sekolah dasar. Artikel ini disusun sebagai bagian dari laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon yang dilaksanakan di SDN 1 dan 2 Nanggela. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran komunikasi efektif dalam upaya mengatasi bullying serta meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah terhadap pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang aman, harmonis, dan ramah anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang menelaah teori-teori komunikasi efektif, pendekatan psikososial, dan hasil penelitian sebelumnya terkait pencegahan bullying di lingkungan pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi efektif, seperti empati, keterbukaan, dan pendekatan dialogis antara guru, siswa, dan orang tua, mampu menurunkan potensi terjadinya perilaku bullying di sekolah. Selain itu, komunikasi yang terarah dan berkelanjutan dapat memperkuat hubungan interpersonal, meningkatkan rasa saling menghargai, serta menumbuhkan nilai-nilai moral dan karakter positif pada peserta didik secara berkelanjutan.

