Socialization of Effective Communication Strategies in Addressing Bullying at Nanggela 1 and 2 State Elementary Schools

Authors

  • Nur Fitri Hasnah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rikza Zainul Umam Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rizky Brehnaputri Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Novi Alawiyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Sehand Azhar Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Salsabila Ruswanda Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1660

Keywords:

Bullying, Effective Communicatioan, School Environment, Bullying Prevention

Abstract

Bullying merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi kesehatan mental, emosional, dan perkembangan sosial individu, terutama pada anak usia sekolah dasar. Artikel ini disusun sebagai bagian dari laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon yang dilaksanakan di SDN 1 dan 2 Nanggela. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran komunikasi efektif dalam upaya mengatasi bullying serta meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah terhadap pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang aman, harmonis, dan ramah anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang menelaah teori-teori komunikasi efektif, pendekatan psikososial, dan hasil penelitian sebelumnya terkait pencegahan bullying di lingkungan pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi efektif, seperti empati, keterbukaan, dan pendekatan dialogis antara guru, siswa, dan orang tua, mampu menurunkan potensi terjadinya perilaku bullying di sekolah. Selain itu, komunikasi yang terarah dan berkelanjutan dapat memperkuat hubungan interpersonal, meningkatkan rasa saling menghargai, serta menumbuhkan nilai-nilai moral dan karakter positif pada peserta didik secara berkelanjutan.

Published

2025-11-09

How to Cite

Hasnah, N. F. ., Umam, R. Z., Brehnaputri, R., Alawiyah, N., Azhar, S., & Ruswanda, S. (2025). Socialization of Effective Communication Strategies in Addressing Bullying at Nanggela 1 and 2 State Elementary Schools. Proceedings of the National Seminar on Community Service, 5(1), 307-318. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1660