Pelatihan Dan Pembelajaran Komputer Melalui Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar (Studi di SDN Karyamukti 2)
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.996Kata Kunci:
Literasi;, Literasi Digital;, Internet, Siswa;Abstrak
Perkembangan dunia pada saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0. Pola kehidupan manusia telah berbasis informasi. Pemanfaatan teknologi yang baik mampu membantu perkembangan bidang-bidang penting dalam kehidupan masyarakat, seperti bidang pendidikan. Menyiapkan generasi yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, serta menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang dan bagi masa depan suatu Bangsa dan Negara. Oleh karena itu literasi digital perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik. Gambaran umum kondisi siswa/siswi di Indonesia saat ini merupakan generasi digital native yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap pencarian informasi di internet. Rendahnya tingkat literasi informasi di kalangan para siswa/siswi berdampak pada maraknya penjiplakan terhadap karya cipta. Oleh sebab itu, guru selaku pendidik dan tenaga perpustakaan sekolah harus memiliki keterampilan literasi informasi yang baik agar dapat mengajarkan kepada para peserta didiknya. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa/siswi dengan keterampilan agar dapat mengakses, memproduksi, dan berbagi media pembelajaran digital dan juga dapat berperan aktif dalam sosialisasi hak intelektual, serta pemanfaatan sumber informasi secara efektif dan etis. Metode yang digunakan meliputi ceramah dan praktek menggunakan komputer.