Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Mixed Reality pada Kelompok Kerja Guru PJOK
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.954Kata Kunci:
Pelatihan Guru, Mixed Reality, PJOKAbstrak
Abstrak
Peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memerlukan inovasi yang memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran berbasis mixed reality (MR). Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada kelompok kerja guru PJOK mengenai penggunaan MR sebagai media pembelajaran, yang diharapkan dapat meningkatkan interaksi dan efektivitas pengajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan interaktif. Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi, mencakup demontrasi media pembelajaran MR dan praktik langsung penggunaan media pembelajaran MR. Hasil dari evaluasi kegiatan melalui angket menunjukkan bahwa 85% peserta menyatakan sangat puas dengan materi yang disampaikan, 90% merasa lebih percaya diri menggunakan teknologi MR dalam pengajaran, dan 75% mengungkapkan keinginan untuk mengintegrasikan MR secara berkelanjutan dalam pembelajaran PJOK. Selain itu, 80% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini relevan dengan kebutuhan mereka dalam pengembangan pembelajaran yang inovatif. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi MR, yang diharapkan dapat mendukung terciptanya pembelajaran PJOK yang lebih dinamis dan menarik di sekolah-sekolah.
Kata kunci: Pelatihan guru; mixed reality; pjok