Inovasi Pembelajaran Dengan Simulasi Literasi Digital (Studi: SMPN 1 Lemahabang)
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.953Kata Kunci:
inovasi pembelajaran, literasi digital, simulasi, pendidikan, SMPN 1 Lemah AbangAbstrak
Artikel ini membahas inovasi pembelajaran melalui simulasi literasi digital yang diterapkan di SMPN 1 Lemah Abang. Melalui pendekatan ini, siswa diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan meningkatkan kemampuan literasi digital mereka. Literasi digital membantu kemampuan seseorang untuk memahami, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi melalui berbagai media digital. Dalam konteks pendidikan, literasi digital mencakup keterampilan teknis selain kemampuan untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan berkomunikasi dalam lingkungan digital. literasi digital memungkinkan siswa tidak hanya menerima informasi tetapi juga berpartisipasi secara aktif dalam proses pemahaman melalui eksplorasi dan interaksi dengan konten digital. Pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan pendekatan konstruktivis, yang memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mendorong siswa untuk belajar sendiri dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode simulasi yang melibatkan siswa dalam membaca melalui platform digital yang telah disediakan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan literasi digital siswa.