Refreshing Pembelajaran PJOK Dengan Pendekatan Model TGFU Materi Permainan Sepakbola Pada Guru PJOK Tingkat SMP Se-Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.940Kata Kunci:
Refreshing, Pembelajaran, Teaching Game for Understanding (TGfU), Permainan SepakbolaAbstrak
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menyengarkan kembali pengetahuan yang telah dimiliki oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) sekolah menengah pertama se-Kabupaten Bantul tentang pentingnya pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) dengan pendekatan model Teaching Game for Understanding (TGfU) yang terkait dengan materi permainan bola besar khususnya permainan sepakbola sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan tujuan pembelajaran PJOK di SMP. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah seluruh guru PJOK SMP di wilayah Kabupaten Bantul. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan Judul “Refreshing Pembelajaran PJOK dengan Pendekatan Model TGfU Materi Permainan Sepakbola pada Guru PJOK Tingkat SMP se-Kabupaten Bantul” dapat berjalan dengan baik. Pengabdian kepada masyarakat diikuti oleh 40 Guru PJOK SMP se-Kabupaten Bantul. Hasil pengujian data kuesioner pretest dan postest diperoleh mean pretest sebesar 10,4 dan mean postest sebesar 14,375. Dengan demikian, ada perbedaan mean sebesar 3,975. Berdasarkan uji statistik dengan SPSS dengan Paired Pamples T Test atau uji t sampel berpasangan yaitu ada perbedaan nilai tes antara sebelum dan sesudah pelaksanaan pengabdian, karena nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000. Jika hasil penghitungan taraf signifikasinya kurang dari 0,05 maka kesimpulannya ada perbedaan nilai tes antara sebelum dan sesudah pelaksanaan.