Pemberdayaan Kampung Wisata Dan UMKM Melalui Platform E-Commerse Untuk Peningkatan Ekonomi Lokal

Penulis

  • Aminullah Aminullah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Any Urwatul Wusko Universitas Yudharta Pasuruan
  • Rahmat Zainul Abidin Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.916

Kata Kunci:

E- Commerse, Pokdarwis, Wisata, UMKM

Abstrak

Kampung Wisata Banyumili adalah salah satu wisata yang berada di Kelurahan Kolursari Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Kampung Wisata Banyumili ini memiliki beberapa unit usaha yang cukup potensial dan produktif diantaranya mengembangkan River Tubbing, flaying fox, dana paket wisata petik mangga klonal (alpukat) khas Pasuruan, dan wisata religi petilasan Sakera. Kegiatan pengabdian ini bertujuan miningakatkan kapasitas pengelolaan Kampung Wisata dan UMKM Banyu Mili melalui platform digital marketing sebagai upaya perluasan jangkauan pasar serta peningkatan kualitas manajemen pengelolaan kampung wisata dan umkm banyumili. Metode Pelaksanaan dalam pengabdian ini adalah: (1) Pembuatan Aplikasi (E-Commerse). Pembuatan Digital Marketing melalui platform E-Commerse ini bertujuan untuk meningkatkan jangkaun pasar baik pemasaran Kampung Wisata dan produk UMKM secara lebih luas. (2) Pelatihan Digitalisasi marketing. Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan wacana dan pengetahuan SDM Pokdarwis dan UMKM Banyumili terkait dengan strategi bisnis online, dan mengembangkan bisnis secara online. (3) Pendampingan. Dengan telah dibuat Aplikasi E-Commerse maka sebagai upaya pengabdian lanjutan adalah melakukan pendampingan pengaplikasian E-Commerse oleh Mitra penggerak Pokdarwis Banyumili dan UMKM Banyumili. Hasil pengabdian ini adalah terwujudnya plat-form E-Commerse Kampung Wisata dan UMKM Banyumili, serta peningkatan kapasitas manajemen sumberdaya pengelola baik kampung wisata dan umkm banyumili terhadap pemasaran online.

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

Aminullah, A., Wusko, A. U. ., & Abidin, R. Z. . (2024). Pemberdayaan Kampung Wisata Dan UMKM Melalui Platform E-Commerse Untuk Peningkatan Ekonomi Lokal. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 4(-), 28-35. https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.916