IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS FUN GAMES LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v3i.686Keywords:
Fun Learning, Pembelajaran, Karakter, Sekolah dasarAbstract
Metode pembelajaran memiliki peranan penting mengembangkan kemampuan, kepribadian, dan bersikap positif. Hal tersebut untuk menunjang kualitas pendidikan karakter siswa terutama pada siswa sekolah dasar. Sering kali siswa merasa sedikit bosan selama pembelajaran. Siswa membutuhkan suatu metode pembelajaran yang menciptakan suasana pembelajaran lebih bervariasi dan menyenangkan. Penerapan metode inovatif diperkenalkan di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Purwawinangun, agar metode ceramah tidak begitu mendominasi selama pembelajaran. Penerapan metode tersebut dimaksudkan agar kemampuan murid terasah dan pembelajaran menjadi efektif. Hal ini mengakibatkan perlu ditambahkan variasi metode pembelajaran, salah
satunya ialah fun learning. Fun learning ialah metode mengajar dengan fokus menciptakan kondisi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang nyaman dan interaktif. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode Service Learning (SL). Jumlah siswa kelas VI sebanyak 30 siswa yang menjadi objek pengabdian. Proses fun learning selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan dengan tahapan persiapan, menggali informasi, perencanaan, pelaksanaan, dan terminasi. Selama penerapan metode disela-sela pembelajaran fun learning siswa merasa lebih releks dan terhibur. Ketertarikan siswa terhadap proses KBM juga tinggi dan membuat siswa menjadi interakif. Setelah pelaksanaan, dapat terlihat adanya peningkatan karakter siswa kelas VI SD Negeri 3 Purwawinangun. Seluruh kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak yang baik pada perkembangan karakter siswa kedepannya.