Optimalisasi Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Produk Lokal Desa Leuwidingding
DOI:
https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.1021Kata Kunci:
Produk Lokal, Pemasaran, Produk Unggulan Daerah, Media SosialAbstrak
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi integrated Digital marketing dalam strategi pemasaran produk lokal di Desa Leuwidingding yang kurang memaksimalkan digital sebagai pemasaran produknya. Pengabdian ini merupakan pengabdian deskriptif observasional dengan menggunakan metode triangulasi, yang menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kedepannya setiap pemasaran produk lokal yang berada di Desa Leuwidingding memilih produk unggulan yang dimana usaha lokalnya yang berpotensi menjadi bidang unggulan daerah ada 4 yaitu tape,gemblong,es bambo,lontong dan rempeyek dalam Digital marketing dan tidak hanya memilih satu segmentasi saja. Pada strategi Digital marketing ini nantinya akan digunakan untuk meningkatkan distribusi atau penyaluran yang tidak hanya berfokus pada platform,tetapi memanfaatkan media sosial serta marketplace yang memberikan beberapa detail produk dan juga dilengkapi dengan adanya contact person yang nantinya berisikan seputar alamat instant messenger.Harapan kedepannya juga pemasaran produk lokal di Leuwidingding akan melakukan Digital marketing yang terintegrasi sebagai strategi pemasaran utama untuk memaksimalkan penjualan dan keuntungannya.