Sosialisasi Aplikasi Survey Kepuasan Agen Berbasis Android Pada Pengurusan Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar Dan Standar Pelayanan Penumpang Di KSOP Kelas II Tekluk Bayur Padang Wilayah Kerja Pelabuhan Muaro
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1032Kata Kunci:
Socialisation, Agent, Android, ServiceAbstrak
Kegiatan sosialisasi aplikasi survey kepuasan agen berbasis Android yang dilaksanakan di KSOP Kelas II Tekluk Bayur Padang merupakan langkah strategis yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam konteks ini, pengurusan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) menjadi salah satu fokus utama. Aplikasi yang dirancang khusus ini bertujuan untuk mengumpulkan umpan balik dari agen-agen yang berinteraksi dengan layanan penerbitan SPB. Dengan demikian, pihak KSOP dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai tingkat kepuasan agen terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi agen, tetapi juga bagi pengelola layanan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk Penerapan Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 Terhadap Survey Kepuasan Agen Pada Pelayanan Kepengurusan Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) di Ksop Teluk Bayur Berbasis Android. Diharapkan dengan adanya penelitian ini aplikasi berbasis android mampu memberikan. Usaha peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa transportasi laut ke/dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat perlu dilakukan. Seiring dengan peningkatan jumlah penumpang rute tersebut, untuk itu perlu dilakukan studi persepsi penumpang terhadap layanan suatu kapal, agar terciptanya angkutan penyeberangan yang aman dan nyaman. Penelitian ini fokus pada kualitas pelayanan kapal MV Mentawai Fast yang melayani rute Padang – Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sehingga dapat diketahui kualitas pelayanan dan atribut kualitas yang perlu ditingkatkan MV Mentawai Fast kedepan. Maka secara umum dari 29 atribut kualitas yang dianalisis yang perlu diimprovisasi adalah harga tiket yang terjangkau, ruang tunggu yang nyaman, tempat duduk yang luas, ketersediaan ruang ibadah, tempat berwudhu, dan toilet.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Juliandri Hasnur, Nazarwin Nazarwin, Markus Asta Patma N, Edi Kurniawan, Langandriansyah Dwi Yatno, Fariz Ramadhan Nasution, Citria Amanda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.