Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon

Penulis

  • Ganda Noor Andaru Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Mohamad Rendi Astono Sentosa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Damar Septian Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.69

Kata Kunci:

model learning cycle 7E, keterampilan proses sains siswa, pokok bahasan vektor

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAN 1 Cirebon. Semester ganjil tahun ajaran 2016. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen yaitu X MIPA 4 dan kelas kontrol X MIPA 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu posttest only control design. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk mencari adakah pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (positif) antara model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran fisika pokok bahasan vektor kelas X MAN 1 Cirebon.

Referensi

Aditya, R. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TITL 2 SMK N 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Imaniyah, I., Siswoyo, & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (1), 17-24. Kayati, N. (2015). Efektivitas Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga. Universitas Negeri Semarang. McGehee, W. (1958). Are We Using What We Know about Training?= learning Theory and Training. Personnel Psychology, 11(1), 1–12.

Nuryati, N. W., Abadi, I. B. G. S., & Kristiantari, M. G. R. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbasis Lingkungan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diambil dari https://goo.gl/raZUuZ Septian, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. UNS (Sebelas Maret University). Diambil dari https://goo.gl/HjEsJx Septian, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6 (1), 45-60. Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1 (1), 1-13.

Diterbitkan

2019-05-06

Cara Mengutip

Andaru, G. N. ., Sentosa, M. R. A., & Septian, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 51-55. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.69

Terbitan

Bagian

Articles