Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i1.69Kata Kunci:
model learning cycle 7E, keterampilan proses sains siswa, pokok bahasan vektorAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAN 1 Cirebon. Semester ganjil tahun ajaran 2016. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen yaitu X MIPA 4 dan kelas kontrol X MIPA 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu posttest only control design. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk mencari adakah pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (positif) antara model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran fisika pokok bahasan vektor kelas X MAN 1 Cirebon.
Referensi
Aditya, R. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TITL 2 SMK N 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Imaniyah, I., Siswoyo, & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (1), 17-24. Kayati, N. (2015). Efektivitas Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga. Universitas Negeri Semarang. McGehee, W. (1958). Are We Using What We Know about Training?= learning Theory and Training. Personnel Psychology, 11(1), 1–12.
Nuryati, N. W., Abadi, I. B. G. S., & Kristiantari, M. G. R. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbasis Lingkungan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diambil dari https://goo.gl/raZUuZ Septian, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. UNS (Sebelas Maret University). Diambil dari https://goo.gl/HjEsJx Septian, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6 (1), 45-60. Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1 (1), 1-13.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.