Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Sania Ulfa Universitas Garut
  • Asep Irvan Irvani Universitas Garut
  • Resti Warliani Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562

Kata Kunci:

Energi Alternatif, Kurikulum Merdeka, Model 3D, Modul Ajar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka, yakni Modul Ajar Fisika pada materi Energi Alternatif yang memenuhi kriteria viliditas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang diinterpretasi dan dianalisis secara kualitatif. Modul Ajar dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D (Define, Design, dan Develop). Modul Ajar ini dikembangkan berdasarkan ketentuan dan karakteristik yang mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket. Lembar validasi meliputi validasi konten dan validasi bahasa. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli dengan keahlian pendidikan fisika dan pendidikan bahasa. Adapun angket diberikan kepada praktisi yakni dua orang guru mata pelajaran fisika di salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Garut. Data yang diperoleh kemudian diolah secara kuantitatif dengan menghitung persentase tiap aspek dan persentase keseluruhan. Hasil pengolahan kemudian diinterpretasi dan dianalisis secara kualitatif untuk menentukan validitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat validitas 82,7%. Respons dari praktisi juga menunjukkan hal positif dari aspek konten fisika maupun aspek keterbacaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah valid dan dapat digunakan sebagai modul pembelajaran.

Referensi

Amarulloh, R.R. et al. (2023) ‘TRAINING ON TRAINER KOMPETISI SAINS NASIONAL SMP/MTS BIDANG IPA FISIKA BAGI GURU DAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA/IPA’, JCES (Journal of Character Education Society), 6(2), pp. 381–389.

Arifin, A.S. and Sukati, S. (2020) ‘Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), p. 150. Available at: https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).150-158.

Eveline, E., Saputro, E.F.H. and Jayanti, I.D. (2023) ‘Modul Fisika berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Scaffolding’, JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), pp. 911–919.

Hidayati Azkiya et al. (2022) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), pp. 409–427. Available at: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851.

Irvani, A.I. and Warliani, R. (2022) ‘Development of physics demonstration videos on Youtube (PDVY) as physics learning media’, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), pp. 1–12.

Maulida, U. (2022) ‘Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka’, Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), pp. 130–138.

Nurul Zainab (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DIGITAL. Pertama. Edited by Arbain Nurdin. Bantul: Lintas Nalar, CV.

Puspitasari, R., Hamdani, D. and Risdianto, E. (2020) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma’, Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), pp. 247–254. Available at: https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254.

Rahimah (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022’, JURNAL ansiru PAI, 6(1), pp. 92–106.

Riyanto, R.A.S.A.B.A. (2017) ‘Pengembangan Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe Pada Mata Kuliah Genetika Mahasiswa S1 Biologi IKIP Budi Utomo Malang’, 2, pp. 548–554.

Setiawan, R. et al. (2022) ‘Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya’, Jurnal Gramaswara, 2(2), pp. 49–62. Available at: https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.

Setyandaru, T.A., Wahyuni, S. and Putra, P.D.A. (2017) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Fisika Di SMA/MA’, Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), pp. 218–224.

Sipahutar, S.W. (2024) ‘Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus Pada SMP Negeri 2 Sipoholon’, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 3(1), pp. 26–36.

Sulaeman, N.F., Nuryadin, A. and Efwinda, S. (2023) ‘Teaching Physics Within New Indonesia Curriculum “Kurikulum Merdeka”: Reflection for Teacher Education Institution’.

Syahdah, V.S. and Irvani, A.I. (2023) ‘Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika’, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), pp. 163–171.

Tanaka, A. et al. (2023) Perencanaan pembelajaran. Selat Media.

Thiagarajan, S. (1974) ‘Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.’

Ulva, D.Y. and Fitri, A. (2022) ‘Analisis kebutuhan modul matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa smp n 4 batang’, Journal of Nusantara Education, 2(1), pp. 11–21.

Wahidin, W. (2024) ‘PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN’, Al-Rabwah, 18(01), pp. 13–26.

Warliani, R., Irvani, A.I. and Khoiril, A. (2023) ‘Analisis Modul Ajar Fisika berbasis Kearifan Lokal pada Platform Merdeka Mengajar’, Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 7(2), pp. 7–13.

Yuli, F. and Mufit, F. (2021) ‘Disain dan validitas bahan ajar berbasis konflik kognitif mengintegrasikan virtual laboratory pada materi optik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma/ma’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(1), 51-59. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562

Terbitan

Bagian

Articles