Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562Kata Kunci:
Energi Alternatif, Kurikulum Merdeka, Model 3D, Modul AjarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka, yakni Modul Ajar Fisika pada materi Energi Alternatif yang memenuhi kriteria viliditas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang diinterpretasi dan dianalisis secara kualitatif. Modul Ajar dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D (Define, Design, dan Develop). Modul Ajar ini dikembangkan berdasarkan ketentuan dan karakteristik yang mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket. Lembar validasi meliputi validasi konten dan validasi bahasa. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli dengan keahlian pendidikan fisika dan pendidikan bahasa. Adapun angket diberikan kepada praktisi yakni dua orang guru mata pelajaran fisika di salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Garut. Data yang diperoleh kemudian diolah secara kuantitatif dengan menghitung persentase tiap aspek dan persentase keseluruhan. Hasil pengolahan kemudian diinterpretasi dan dianalisis secara kualitatif untuk menentukan validitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat validitas 82,7%. Respons dari praktisi juga menunjukkan hal positif dari aspek konten fisika maupun aspek keterbacaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah valid dan dapat digunakan sebagai modul pembelajaran.
Referensi
Amarulloh, R.R. et al. (2023) ‘TRAINING ON TRAINER KOMPETISI SAINS NASIONAL SMP/MTS BIDANG IPA FISIKA BAGI GURU DAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA/IPA’, JCES (Journal of Character Education Society), 6(2), pp. 381–389.
Arifin, A.S. and Sukati, S. (2020) ‘Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), p. 150. Available at: https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).150-158.
Eveline, E., Saputro, E.F.H. and Jayanti, I.D. (2023) ‘Modul Fisika berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Scaffolding’, JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), pp. 911–919.
Hidayati Azkiya et al. (2022) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), pp. 409–427. Available at: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851.
Irvani, A.I. and Warliani, R. (2022) ‘Development of physics demonstration videos on Youtube (PDVY) as physics learning media’, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), pp. 1–12.
Maulida, U. (2022) ‘Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka’, Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), pp. 130–138.
Nurul Zainab (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DIGITAL. Pertama. Edited by Arbain Nurdin. Bantul: Lintas Nalar, CV.
Puspitasari, R., Hamdani, D. and Risdianto, E. (2020) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma’, Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), pp. 247–254. Available at: https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254.
Rahimah (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022’, JURNAL ansiru PAI, 6(1), pp. 92–106.
Riyanto, R.A.S.A.B.A. (2017) ‘Pengembangan Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe Pada Mata Kuliah Genetika Mahasiswa S1 Biologi IKIP Budi Utomo Malang’, 2, pp. 548–554.
Setiawan, R. et al. (2022) ‘Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya’, Jurnal Gramaswara, 2(2), pp. 49–62. Available at: https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.
Setyandaru, T.A., Wahyuni, S. and Putra, P.D.A. (2017) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Fisika Di SMA/MA’, Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), pp. 218–224.
Sipahutar, S.W. (2024) ‘Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus Pada SMP Negeri 2 Sipoholon’, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 3(1), pp. 26–36.
Sulaeman, N.F., Nuryadin, A. and Efwinda, S. (2023) ‘Teaching Physics Within New Indonesia Curriculum “Kurikulum Merdeka”: Reflection for Teacher Education Institution’.
Syahdah, V.S. and Irvani, A.I. (2023) ‘Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika’, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), pp. 163–171.
Tanaka, A. et al. (2023) Perencanaan pembelajaran. Selat Media.
Thiagarajan, S. (1974) ‘Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.’
Ulva, D.Y. and Fitri, A. (2022) ‘Analisis kebutuhan modul matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa smp n 4 batang’, Journal of Nusantara Education, 2(1), pp. 11–21.
Wahidin, W. (2024) ‘PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN’, Al-Rabwah, 18(01), pp. 13–26.
Warliani, R., Irvani, A.I. and Khoiril, A. (2023) ‘Analisis Modul Ajar Fisika berbasis Kearifan Lokal pada Platform Merdeka Mengajar’, Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 7(2), pp. 7–13.
Yuli, F. and Mufit, F. (2021) ‘Disain dan validitas bahan ajar berbasis konflik kognitif mengintegrasikan virtual laboratory pada materi optik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma/ma’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Sania Ulfa, Asep Irvan Irvani, Resti Warliani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.