Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pelajaran Fisika SMA N 1 Penukal

Penulis

  • Muhammad Arif SMA Negeri 1 Penukal

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.492

Kata Kunci:

Model pembelajaran kooperatif, Metode Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, Fisika

Abstrak

Perkembangan teknologi dan globalisasi berdampak secara tidak langsung terhadap dunia pendidikan. Seiring dengan hal tersebut, para pendidik perlu terus berinovasi untuk memastikan peserta didik mencapai potensi yang dimiliki. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran fisika, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan menarik. Salah satu model pembelajaran yang telah banyak digunakan dan terbukti efektif adalah model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Penukal. Jenis Peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 38 siswa pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi pembelajaran dan lembar aktivitas siswa. Teknik analisa data menggunakan rumus teknik proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sampai pada siklus II model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pada siklus I menunjukkan terjadi peningkatan secara signifikan dengan rata-rata aktivitas positif 35,5% dan penurunan pada aktivitas negatif sebesar – 18,9%. Dengan adanya peningkatan aktivitas positif ini berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 5,4 dan persentase peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 15%.

Referensi

Arbiyah, Yati, & Kurniawan Erlangga, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 29–34. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs

Bowtha, S. A., & Hasiru, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi …. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial …, 04, 109–116. https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/71

Islamiah, A. F., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMAN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 29. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v6i1.933

Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147

Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049

Wulandari, D. A., Nuryani, P., & Kurniasih. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. I(1).

Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Snipmd, 3, 223–227.

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Arif, M. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pelajaran Fisika SMA N 1 Penukal. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(1), 10-15. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.492

Terbitan

Bagian

Articles