Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pelajaran Fisika SMA N 1 Penukal
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.492Kata Kunci:
Model pembelajaran kooperatif, Metode Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, FisikaAbstrak
Perkembangan teknologi dan globalisasi berdampak secara tidak langsung terhadap dunia pendidikan. Seiring dengan hal tersebut, para pendidik perlu terus berinovasi untuk memastikan peserta didik mencapai potensi yang dimiliki. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran fisika, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan menarik. Salah satu model pembelajaran yang telah banyak digunakan dan terbukti efektif adalah model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Penukal. Jenis Peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 38 siswa pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi pembelajaran dan lembar aktivitas siswa. Teknik analisa data menggunakan rumus teknik proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sampai pada siklus II model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pada siklus I menunjukkan terjadi peningkatan secara signifikan dengan rata-rata aktivitas positif 35,5% dan penurunan pada aktivitas negatif sebesar – 18,9%. Dengan adanya peningkatan aktivitas positif ini berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 5,4 dan persentase peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 15%.
Referensi
Arbiyah, Yati, & Kurniawan Erlangga, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 29–34. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs
Bowtha, S. A., & Hasiru, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi …. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial …, 04, 109–116. https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/71
Islamiah, A. F., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMAN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 29. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v6i1.933
Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147
Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049
Wulandari, D. A., Nuryani, P., & Kurniasih. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. I(1).
Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Snipmd, 3, 223–227.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Arif
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.