Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal-Soal Materi Kalor Dengan Teori Polya

Penulis

  • I Wayan Sukarjita
  • Jannes Bastian Selly
  • Amiruddin Supu
  • Herni Maya Asbanu Universitas Nusa Cendana Kupang

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.481

Kata Kunci:

Penyelesaian soal, Kalor, Kesulitan Penyelesaian Soal, Teori Polya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi kalor dengan teori Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Kupang. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas XI IPA4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal dan kuesioner. Melalui tujuan penelitian, hasil analisis data dan pembahasan yang ditunjukkan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan penyelesaian soal-soal materi kalor dengan teori Polya menunjukkan bahwa terdapat 67% siswa kesulitan dalam memahami masalah, 43% siswa mengalami kesulitan dalam membuat perencanaan, 67% siswa mengalami kendala dalam melaksanakan perencanaan solusi permasalahan yang telah dibuat, dan 87% siswa mengalami kendala dalam tahap melakukan pengecekan kembali.

Referensi

Abbas, Muhammad Yusuf Hidayat. 2018. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 6 No 1.

Adityasari. 2015. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Disertai Tinjuan Gender Dan Efektivitas Program Remidi Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas X SMA N 2 Sleman Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus (Skripsi). Universitas Sanata Dharma.

Afryani, Meriska. 2020. Meta-Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2003. Psikologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Akmalzimran. 2019. Faktor Kesulitan Belajar Siswa. HALOprofesi.com.

Alhamid, Thalha dan Budur Anufia. 2019. Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Sorong: Resume.

Almira, Wirdatul. 2020. Analisis Penerapan Langkah Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal-soal Essay Fisika Pada Materi Tekanan Zat Cair Di SMP Negeri 1 Bakongan (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Asman, Asman, N. E., & Ariani, Y. (2020). Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD. Journal pf Basic Education Studiens, 279-290.

Charli, Leo, Ahmad Amin, Desi Agustina. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas X Ar-Risalah Lubuklinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Vol.1 No.1.

Darsikin, Ni Luh Yesi Andriani. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), vol.4, No.2017.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Gumilang, Danang Tricahyo, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP N 1 Bringin. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga,Vol.1, 2016.

Haba, T. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika menggunakan teori polya pada materi fluida dinamik di kelas XI SMA Negeri 1 Hawu mehara (Skripsi). Universitas Nusa Cendana.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara: Puspa Swara.

Hidayah. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Polya. Physical Education Research. Vol.8, No.1, 2012.

Hidayatulloh, Alpiana. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Dalam Penyelesaian Soal – Soal Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 4 No. 1.

Ifanali. 2014. Penerapan Langkah-Langkah Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako Vol 1. No 2

Indrajit, Dudi. 2009. Mudah Dan Aktif Belajar Fisika Kelas XI SMA Program IPA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kamajawa, Ketut dan Wawan Purnama. 2016. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika SMA Kelas IX Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Grafiindo Media Pratama.

Mardila, Yola. 2014. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik di Kelas X X SMA Negeri 13 Padang. STIKIP PGRI Sumatra Barat.

Marlina, Leni. Penerapan Langkah Polya Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelilig dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako, Vol 1, No.1,2013.

Mirawati, Lusi, Skripsi : Diagnisis Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas X MAN 3 Malang, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2013), h.8.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya,2007.

Mulyadi. 2018. Diagnosis Kesulitan Belajar di Sekolah. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. Volume VIII Edisi 01.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Munirah. 2018. Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Musdalifah. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Fisika Pada Materi Kalor Berdasarkan Teori Polya Di Kelas X SMA N 2 Teluk Dalam (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Parnawi, Afi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Purwanti, Sri. 2016, Skripsi: Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah (Problem Solving) Pada Konsep Gerak di Kelas X MAN Rukoh Darussalam, (Darussalam: UIN Ar-Raniry).

Raziqin, Khairul. 2019. Identifikasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di Mas Lamno (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Rismatul. 2015. Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penulisan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 5. No 2.

Rohmah, Lailiatur, Sri Handono B, P, Yushardi. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fisika Berdasarkan Polya pada pokok bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 7, No.4. 2018.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Heny. 2006. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi. UNNES.

Suryani, Yulianda Erma. 2010. Kesulitan Belajar. Magistra No.73 Th. XXII.

Wijayanti, Ana, I. D. Pallitin, Syamsul Bahri. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Miring Merauke. Universitas Musamus Merauke. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), (Vol. 7 No. 1)

Yetti, A., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume di Sekolah Dasar. JIP, 25-36.

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Sukarjita, I. W., Selly, J. B., Supu, A., & Asbanu, H. M. (2023). Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal-Soal Materi Kalor Dengan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 6(2), 79-88. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.481

Terbitan

Bagian

Articles