Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik

Penulis

  • Novita Iriyanti Ningrum Purworejo
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto
  • Siska Desy Fatmaryanti
  • Eko Setyadi Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Fisika, Scratch, Kemampuan Problem Solving

Abstrak

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Majenang diperoleh bahwa penggunaan media dalam pembelajaran yang masih sangat sederhana dan penggunaan metode konvensional serta monoton menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, beberapa penelitian telah dilakukan untuk menunjang pembelajaran menggunakan media pembelajaran namun masih sederhana. Dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran fisika berbantuan Scratch untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini berjumlah 12 peserta didik mengikuti uji coba terbatas dan 21 peserta didik mengikuti uji coba luas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil uji validasi media pembelajaran fisika berbantuan Scratch dinyatakan dalam kategori sangat baik dinilai oleh dua validator ahli, (2) media yang dikembangkan dinyatakan praktis dilihat dari hasil keterlaksanaan RPP yang memperoleh skor sebesar 95,1%, dan (3) media dikatakan efektif dilihat dari hasil tes kemampuan problem solving yang mengalami peningkatan pada setiap indikator dan perolehan N-gain sebesar 0,44 dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbantuan Scratch dalam penelitian dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik.

Referensi

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Akhdinirwanto, R. W. (2018). Model Problem Based Learning with Argumentation (PBLA) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Disertasi, tidak diterbitkan. Surabaya: PPS Unesa.

Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem-Based Learning with Argumentation as a Hypothetical Model to Increase the Critical Thinking Skills for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350.

Arfiansyah, L. P., Akhlis, I., & Susilo, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis scratch pada pokok bahasan Alat Optik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 66-74.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 229-236.

Finnajah, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 8(1), 22–27.

Hartono, J. 2018. Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadir, A. (2016). Scratch for Arduino. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1500-1510.

Majdi, M. K., Subali, B., & Sugianto, S. (2018). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA Melalui Model Quantum Learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 81–90.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Nugraha, M. I., & Widiyaningrum, P. (2015). Efektivitas Media Scratch Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel di SMA Teuku Umar Semarang. Journal of Biology Education, 4(2).

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.

Prastiwi, M. D., & Nurita, T. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(02).

Pratiwi, G., Akhdinirwanto, R. W., & Nurhidayati, N. (2020). Pengembangan E-UKBM Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(2), 46-55.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rofikoh, S., Fatmaryanti, S. D., & Sriyono, S. (2021). How to Improve Students’ Analytical Ability: Using Sparkol Videoscribe Assisted by PhET Simulation. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 76-86.

Rubiyah, S., Dasmo, D., & Suhendri, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe dan AVS Video Editor untuk Siswa Kelas X SMK Mahadhika 2 Jakarta Timur. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 107–118.

Sejati, K. A. P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis PC Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 602-614.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52-62.

Sopia, N., Sugiatno, S., & Hartoyo, A. (2019). Pengembangan Pemahaman Konseptual dan Disposisi Matematis Siswa melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving di SMA. J-Pimat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-20.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwonto, E., Hidayat, A., & Wartono, W. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Sulistianingsih, F. (2018). Kemampuan Problem Solving Dalam Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7).

Tegeh, M., Nyoman, J., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta: Kencana.

Wardani, P. M. A., Permana, E. P., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Media Game Scratch Pada Pembelajaran IPA Kelas V Materi Alat Pernapasan Pada Hewan. EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(1), 40-49.

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jbar: Jurnal Pendidikan Matematika , 6(2), 183-194.

Diterbitkan

2023-03-16

Cara Mengutip

Novita Iriyanti Ningrum, Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Kurniawan, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(1), 32-41. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.365

Terbitan

Bagian

Articles