Implementasi Media Pembelajaran Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MIS Al-Irsyadiyah

Penulis

  • Amaira Utami Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Nurpatia Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.333

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Poster, Hasil Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Abstrak

Keberhasilan tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media pembelajaran poster terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Al-Irsyadiyah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain one group pre-test-post-test. Sebanyak 22 siswa kelas IV MIS Al Irsyadiyah berpartisipasi pada penelitian ini sebagai sampel penelitian. Adapun, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen test yang diberikan pada awal kegiatan pembelajaran (pre-test) dan di akhir pembelajaran (post-test). Teknik analisis data menggunakan analisis statistika parametrik uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan pengolahan hasil penelitian berupa pre-test dan post-test pada kelas IV MIS Al-Irsyadiyah, diperoleh bahwa hasil thitung 19.193 > ttabel 1.68195. Hal ini berarti, H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa implementasi poster sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV MIS Al-Irsyadiyah.

Referensi

Al Mabruk, S. A., Abdulghani, A., Nour, O. M., Adel, M., Crocetta, F., Doumpas, N., ... & Tiralongo, F. (2021). The role of social media in compensating for the lack of field studies: Five new fish species for Mediterranean Egypt. Journal of Fish Biology, 99(2), 673-678.

Andari, I. Y. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 263–275.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Aspahani, E. L., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Rancangan Media E-Poster Berbasis Website Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 158–167. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25458

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan media poster pelestarian makhluk hidup untuk meningkatkan pengetahuan siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran ipa tema 6 subtema 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Azizah, S. N. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1).

Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.37985/JER.V2I2.51

Hasanah, A., Rusli, R., & Rachmah, D. N. (2020). HUBUNGAN ANTARA KETERIKATAN PESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 2 KANDANGAN. Jurnal Kognisia, 2(1), 143–148. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1561

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54–67. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Kaplan, R. M., & Saccuzzo, D. P. (2017). Psychological Testing: Principles, Applications, and Issues. Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Nl7EDQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Kaplan,+R.+M.,+%26+Saccuzzo,+D.+P.+(2017).+Psychological+testing:+Principles,+applications,+and+issues.+Cengage+Learning.&ots=Nc5GhH7nef&sig=tYNcsb25Y1ngGHZHOUG030HEid4&redir_esc=y#v=onepage&q=Kaplan%2C R. M.%2C %26 Saccuzzo%2C D. P. (2017). Psychological testing%3A Principles%2C applications%2C and issues. Cengage Learning.&f=false

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1819

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/IJPE.V3I2.22103

Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111.

Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. NUSANTARA, 3(1), 117-134.

Nurfadhillah, S., Bunga Aulia, P., Octaviana, P., Billah, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Postern Utuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Siswa SDN Cipete 4 Tangerang. PENSA, 3(2), 256–266. https://doi.org/10.36088/PENSA.V3I2.1350

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 03, 171.

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar.

Rahmatina Rahim, F., Stevani Suherman, D., Pengajar Jurusan Fisika, S., Universitas Negeri Padang, F., & Pengajar Jurusan PGSD, S. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(2), 133–141. https://doi.org/10.24036/JEP/VOL3-ISS2/367

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Saetban, A. A. (2021). Faktor Penghambat Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pendemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 58–66. https://doi.org/10.37640/JIP.V13I1.951

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116-128.

Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KEBIASAAN BELAJAR SISWA. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 39–51. https://doi.org/10.17509/MANAJERIAL.V17I1.9760

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1093

Supratiknya, A. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi. Universitas Sanata Dharma.

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/ZAHRA.V3I1.409

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=pTFsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Wisudawati,+Asih+Widi.+2014.+Metodologi+Pembelajaran+IPA.+Jakarta+:+PT+Bumi+Pustaka&ots=F_2ZVJearU&sig=By8ISvuj9vB2cMIaKrSFvCkvyI4&redir_esc=y#v=onepage&q=Wisudawati%2C Asih Widi.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78.

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Utami, A., & Nurpatia. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MIS Al-Irsyadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(2), 64 - 71. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i2.333

Terbitan

Bagian

Articles