Pemetaan Pengembangan E-Modul Sebagai Sumber Belajar MIPA Peserta Didik

Penulis

  • Abdurrohman Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.300

Kata Kunci:

Bahan ajar, e-modul, pembelajaran, sains, teknologi

Abstrak

Pendidik dituntut untuk selektif, kreatif dan inovatif dalam menentukan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang efektif digunakan adalah modul elektronik atau e-modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan tren-tren pengembangan e-modul sebagai sumber belajar MIPA peserta didik tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis metadata yang berasal dari database google schoolar melalui perangkat lunak Publish or Perish 8 lalu dipetakan menggunakan VOSviewer. Hasil pemetaan VOSviewer adalah terdapat 2 kluster dalam pengembangan e-modul. Kluster pertama adalah PBL (problem base learning), pembelajaran MIPA, research. Sedangkan kluster 2 adalah engineering, scientist dan technology. Kesimpulan yang didapat dari hasil pemetaan ini adalah pengembangan e-modul terintegrasi teknologi berbasis model pembelajaran PBL (problem base learning) merupakan e-modul yang paling banyak dikembangkan oleh peneliti beberapa tahun terakhir.

Diterbitkan

2023-03-02

Cara Mengutip

Nugraha, A. (2023). Pemetaan Pengembangan E-Modul Sebagai Sumber Belajar MIPA Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 6(1), 14-21. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.300

Terbitan

Bagian

Articles