Rancang Bangun Alat Peraga Osilasi Teredam Pada Pegas Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Acceloremeter MPU-6050

Authors

  • Ryna Aulia Falamy Universitas Lampung
  • Kartini Herlina Universitas Lampung
  • Hanifah Zakiya Universitas Lampung
  • Wahyu Farhan Amrullah Universitas Lampung
  • Sri Rahayu Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i1.1231

Keywords:

Arduino Uno, MPU-6050, Osilasi teredam, PLX-DAQ

Abstract

Penelitian ini mengembangkan alat peraga osilasi teredam berbasis sistem pegas massa dengan memanfaatkan Arduino Uno dan sensor accelerometer MPU-6050. Pengembangan alat ini bertujuan memberikan solusi praktis dalam pembelajaran materi osilasi teredam. Data osilasi yang diukur oleh sensor accelerometer MPU-6050 dikirimkan ke perangkat lunak PLX-DAQ untuk analisis secara nyata. Hasil eksperimen ini menunjukkan bahwa redaman terkecil terjadi di udara (osilasi terlama), redaman sedang di air, dan redaman terbesar di minyak (osilasi berhenti cepat). Analisis kuantitatif memperlihatkan perbedaan signifikan koefisien redaman antar medium, yang berkorelasi dengan viskositas dan resistansi fluida. Alat ini menunjukkan efektivitasnya sebagai pengganti metode tradisional yang lebih terjangkau, mudah disesuaikan, dan memiliki tingkat akurasi yang baik. Dengan aplikasi PLX-DAQ dapat menyederhanakan proses pengumpulan dan visualisasi data. Selain menyajikan demonstrasi visual osilasi teredam,alat ini juga memperkenalkan siswa pada penerapan teknologi mikrokontroler dan sensor digital dalam eksperimen fisika. Studi ini menawarkan pendekatan eksperimental yang inovatif untuk mempelajari dinamika osilasi teredam, yang berguna dalam pengajaran fisika maupun penelitian lebih lanjut, serta berpotensi untuk dikembangkan pada parameter atau kondisi yang berbeda.

Published

2025-03-31

How to Cite

Falamy, R. A., Herlina, K., Zakiya, H., Amrullah, W. F., & Rahayu, S. (2025). Rancang Bangun Alat Peraga Osilasi Teredam Pada Pegas Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Acceloremeter MPU-6050. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 8(1), 36-45. https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i1.1231

Issue

Section

Articles