Profil Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Pendidikan Fisika pada mata Kuliah PPL Berdasarkan kerangka Magnusson

Penulis

  • Nur Habib Muhammad Iqbal Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fanni Zulaiha Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1182

Kata Kunci:

Pedagogical Content Knowledge, Mahasiwa Pendidikan Fisika, Microteaching, Kerangka Magnusson, PPL

Abstrak

Kualitas pembelajaran fisika sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengintegrasikan pengetahuan konten dan pedagogik. Namun, masih banyak calon guru yang menghadapi kesulitan dalam menerapkan Pedagogical Content Knowledge (PCK), terutama dalam konteks praktik lapangan seperti mata kuliah PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil PCK mahasiswa pendidikan fisika berdasarkan lima komponen kerangka Magnusson, sekaligus mengisi kesenjangan kajian yang selama ini lebih banyak berfokus pada guru berpengalaman. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan subjek tujuh mahasiswa yang dinilai melalui observasi microteaching menggunakan instrumen berbasis indikator PCK. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki skor tertinggi pada komponen strategi pengajaran dan kurikulum, sementara aspek pemahaman terhadap siswa dan penilaian masih menunjukkan nilai relatif lebih rendah. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan dimensi pedagogik yang berorientasi pada cara berpikir siswa dan asesmen pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini mengarah pada perlunya pengembangan kurikulum pendidikan guru yang lebih integratif, kontekstual, dan eksplisit dalam membangun kompetensi PCK secara menyeluruh. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap peningkatan mutu pendidikan calon guru fisika dan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan pendidikan berbasis praktik reflektif.

Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge, Mahasiswa Pendidikan Fisika, Microteaching, Kerangka Magnusson, PPL

Referensi

Aliah, N., & Saddia, A. (2023a). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Fisika SMA/MA Berdasarkan Masa Kerja di Kabupaten Majene. Science, and Technology (J-HEST, 5, 2685–1792. https://doi.org/10.36339/j-hest.v5i2.98

Aliah, N., & Saddia, A. (2023b). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Fisika SMA/MA Berdasarkan Masa Kerja di Kabupaten Majene. Science, and Technology (J-HEST, 5, 2685–1792. https://doi.org/10.36339/j-hest.v5i2.98

Creswell, J. W. (2023). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (II). Pustaka Pelajar.

Ebadi, M., & Karami, Z. (2024). The Impact of Technology-Based Mathematics Education on The Development of Pedagogical Content Knowledge (PCK) Among Elementary Education Student -Teachers. Interdisciplinary Studies in Education, 3(4), 5–34.

Jing-Jing, H. (2014). A critical review of Pedagogical Content Knowledge’ components: nature, principle and trend. International Journal of Education and Research, 2(4), 411–424. www.ijern.com

Khanal, B., Devkota, K. R., Acharya, K. P., Chapai, K. P. S., & Joshi, D. R. (2024). Evaluating the competencies of university teachers in content, pedagogical, and technological knowledge. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2360854

Kind, V., & Chan, K. K. H. (2019). Resolving the amalgam: connecting pedagogical content knowledge, content knowledge and pedagogical knowledge. International Journal of Science Education, 41(7), 964–978. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1584931

Mafa-Theledi, O. N. (2024). Teachers’ Pedagogical Content Knowledge and Subject Matter Content Knowledge: Is the Framework Still Relevant in Teaching of STEM. International Journal of Research and Innovation in Social Science, VIII(IV), 836–846. https://doi.org/10.47772/ijriss.2024.804061

Magnusson, S., Krajcik, J., & Borko, H. (1999). Nature, Sources, and Development of Pedagogical Content Knowledge For Science Teaching. In PCK and Science Education (pp. 95–132). Klluwer Academic Publishers.

Mensah, E., & Attachie, G. (2024a). Influence of Academic and Professional Qualifications on the Content Knowledge, Pedagogical Knowledge and Pedagogical Content Knowledge of Lecturers. Curriculum and Teaching, 39(1), 45–63. https://doi.org/10.7459/ct/390104

Mensah, E., & Attachie, G. (2024b). Influence of Academic and Professional Qualifications on the Content Knowledge, Pedagogical Knowledge and Pedagogical Content Knowledge of Lecturers. Curriculum and Teaching, 39(1), 45–63. https://doi.org/10.7459/ct/390104

Mulhayatiah, D., Agnia, L. S., & Suhendi, H. Y. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Fisika Berdasarkan Instrumen CoRe dan PaP-eRs Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 37–46. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7912

Mulhayatiah, D., Sinaga, P., Rusdiana, D., Kaniawati, I., & Oktapiyani, O. (2022). Profil Awal Kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Dan Kognitif Calon Guru Pada Pembelajaran Fisika Modern. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 161. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5751

Nasar, A., & Laka, A. F. (2024). Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Hybrid Microteaching. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 392–402.

Ningsih, R. W., Lumbantobing, P. A., Farida, N., & Telaumbanua, I. M. S. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru PAUD. Journal On Teacher Education, 4(2), 1180–1189.

Nuraeni, A., Nana, & Surahman, E. (2022). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Dalam Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 1–9.

Shofani, M., Fadllan, A., & Istikomah, I. (2022). Profil Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Kegiatan PPL. Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum VI 2022, 83–90.

Shopie Azizah, D., Anjani Putri, D., & Mulhayatiah, D. (2021). Prospective Science Teacher TPACK Skills in Preparing the Lesson Plans. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 132. https://doi.org/10.31258/jgs.8.2.132-139

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT, KNOWLEDGE) GURU BIOLOGI SMA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Tho, L. H. (2024). Perspectives Of EFLTeachers On Content Knowledge, Technological Content Knowledge, And Pedagogical Content Knowledge. European Journal of English Language Teaching, 9(5), 46–68. https://doi.org/10.46827/ejel.v9i5.5663

Zulaiha, F. (2023). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Pendidikan Teknologi Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(1), 202. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.2825

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Iqbal, N. H. M., & Zulaiha, F. (2024). Profil Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Pendidikan Fisika pada mata Kuliah PPL Berdasarkan kerangka Magnusson. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(2), 144-151. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1182

Terbitan

Bagian

Articles