Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i1.1170Kata Kunci:
Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Praktikum , Elastisitas dan Hukum HookeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa dalam materi elastisitas dan hukum hooke, serta mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penggunaan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cibadak dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase F1 sebagai kelas eksperimen dan XI Fase F2 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen tes keterampilan proses sains. Setelah diberikan perlakuan,rata-rata KPS siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0,54, yang termasuk dalam kategori gain sedang. Sementara itu,kelas kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih rendah dengan nilai gain 0,47 yang juga berada dalam kategori gain sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 fitriyah, Rudi Haryadi, Yuvita Oktarisa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.