Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Penulis

  • fitriyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rudi Haryadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuvita Oktarisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i1.1170

Kata Kunci:

Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Praktikum , Elastisitas dan Hukum Hooke

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa dalam materi elastisitas dan hukum hooke, serta mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penggunaan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cibadak dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase F1 sebagai kelas eksperimen dan XI Fase F2 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen tes keterampilan proses sains. Setelah diberikan perlakuan,rata-rata KPS siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0,54, yang termasuk dalam kategori gain sedang. Sementara itu,kelas kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih rendah dengan nilai gain 0,47 yang juga berada dalam kategori gain sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Biografi Penulis

Rudi Haryadi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pembelajaran fisika di SMA masih berpusat pada guru,membuat siswa kurang aktif dan keterampilan proses sainsnya rendah. Selain itu,keterbatasan alat praktikum membuat eksperimen pada materi elastisitas dan hukum hooke jarang dilakukan.Penelitian tentang penerapan model inkuiri terbimbing pada materi ini masih terbatas,dan fokusnya lebih banyak pada hasil kognitif daripada pengukuran keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa dalam materi elastisitas dan hukum hooke,serta mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penggunaan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cibadak menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling,dengan subjek siswa kelas XI Fase F1 sebagai kelas eksperimen dan XI Fase F2 sebagai kelas kontrol,masing-masing berjumlah 30 siswa. Hasil uji mann-whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,009(<0,05),artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model inkuiri terbimbing berbantuan praktikum.Selain itu,nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,54 (kategori gain sedang),lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan gain sebesar 0,47 (kategori gain sedang). Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan praktikum efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Diterbitkan

2025-03-24

Cara Mengutip

fitriyah, Haryadi, R., & Oktarisa, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 8(1), 10-18. https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i1.1170

Terbitan

Bagian

Articles