Meningkatkan Hasil Renang Gaya Dada Melalui Integrasi Gaya Mengajar Practice Style Dengan Inklusi Pada Kelas V Di Sd Alam Muhammadiyah Martapura
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i3.738Kata Kunci:
Practice Style, Inclusion, Breaststroke Swimming, Learning OutcomesAbstrak
Tujuan Studi. Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Alam Muhammadiyah Martapura pada materi renang gaya dada dengan menerapkan integrasi gaya mengajar practice style dengan inklusi.
Bahan dan Metode. Dalam Penelitian ini menggunakan metode PTK model Kemmis dengan fase: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil. Berdasarkan hasil analisis data terlihat ada peningkatan hasil belajar melalui dua siklus sesuai data hasil penelitian. Analisis data ketuntasan siklus I sebesar 38,9% dan siklus II 72,2%.
Kesimpulan. pembelajaran pendidikan jasmani pada materi renang gaya dada menggunakan integrasi gaya mengajar practice style dengan inklusi dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada siswa kelas V SD Alam Muhammadiyah Martapura. Selain meningkatkan hasil belajar belajar pada materi renang gaya dada juga dapat melatih kemandirian belajar siswa, tanggung jawab siswa serta kepercayaan diri siswa.
Kata kunci: Practice Style, Inklusi, Renang gaya Dada, Hasil Belajar
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Pebriyandi Pebriyandi, Mashud Mashud
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.