Meningkatkan Hasil Renang Gaya Dada Melalui Integrasi Gaya Mengajar Practice Style Dengan Inklusi Pada Kelas V Di Sd Alam Muhammadiyah Martapura

Penulis

  • Pebriyandi Pebriyandi Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i3.738

Kata Kunci:

Practice Style, Inclusion, Breaststroke Swimming, Learning Outcomes

Abstrak

Tujuan Studi. Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Alam Muhammadiyah Martapura pada materi renang gaya dada dengan menerapkan integrasi gaya mengajar practice style dengan inklusi.

Bahan dan Metode. Dalam Penelitian ini menggunakan metode PTK model Kemmis dengan fase: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil. Berdasarkan hasil analisis data terlihat ada peningkatan hasil belajar melalui dua siklus sesuai data hasil penelitian. Analisis data ketuntasan siklus I sebesar 38,9% dan siklus II 72,2%.

Kesimpulan. pembelajaran pendidikan jasmani pada materi renang gaya dada menggunakan integrasi gaya mengajar practice style dengan inklusi dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada siswa kelas V SD Alam Muhammadiyah Martapura. Selain meningkatkan hasil belajar belajar pada materi renang gaya dada juga dapat melatih kemandirian belajar siswa, tanggung jawab siswa serta kepercayaan diri siswa.

 

Kata kunci: Practice Style, Inklusi, Renang gaya Dada, Hasil Belajar

Diterbitkan

2024-07-07

Cara Mengutip

Pebriyandi, P., & Mashud, M. (2024). Meningkatkan Hasil Renang Gaya Dada Melalui Integrasi Gaya Mengajar Practice Style Dengan Inklusi Pada Kelas V Di Sd Alam Muhammadiyah Martapura. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 4(3), 220-230. https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i3.738