Physical Education and Its Scope: A Literature Review of Empirical Studies with A Holistic Perspective Teaching Practices in Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i2.729Kata Kunci:
Physical Education, Teaching, Empirical StudyAbstrak
Tujuan studi. Pendidikan Jasmani (PE) merupakan bagian dari pendidikan olahraga yang menempatkan gerak tubuh sebagai prinsip utama pembelajaran yang luarannya meliputi kognitif, motorik, afektif, dan sosial. Penelitian ekstensif telah dilakukan
untuk menemukan konsep pengajaran olahraga yang ideal. Tinjauan literatur bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai penelitian yang ada di Indonesia dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran olahraga.
Bahan dan metode. Tinjauan sistematis dilakukan dengan menggunakan pedoman PRISMA terkait hasil pengajaran olahraga menggunakan database Scopus. Strategi artikel untuk tinjauan sistematis menggunakan kombinasi judul, abstrak, dan kata kunci dengan kriteria 'hasil pembelajaran' DAN ('pendidikan jasmani' ATAU 'pendidikan olahraga' ATAU 'aktivitas fisik'). Tinjauan sistematis hanya menganalisis artikel yang memenuhi kriteria eksklusi dan kriteria inklusi. Dari hasil penyaringan artikel diperoleh 31 artikel yang diproses untuk tinjauan sistematis.
Hasil. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan peneliti masih fokus pada peningkatan pembelajaran jasmani, pembelajaran kognitif, dan pembelajaran afektif namun belum mencakup pembelajaran sosial. Pendekatan yang digunakan belum sepenuhnya memanfaatkan pendekatan permainan sehingga tidak sejalan dengan filosofi olahraga. Kesimpulan. Cukup banyak penelitian yang telah dilakukan dalam upaya mencapainya
tujuan pembelajaran olahraga namun masih terbatas, oleh karena itu disarankan agar penelitian selanjutnya fokus mencari pembelajaran olahraga yang mampu mencakup keseluruhan hasil belajar olahraga yang dilegitimasi dengan menggunakan pendekatan permainan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Uray Gustian, Deddy Rahmat Saputra, Cece Rakhmat, Yusi Rika Yustiana, Intan Primayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.