Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas X Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i1.583Kata Kunci:
Project Based Learning, Passing Bawah, Bola VoliAbstrak
Tujuan studi. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan passing bawah dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL).
Bahan dan metode. Rancangan penelitian model Kurt Lewin merupakan rancangan penelitian yang digunakan terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas X SMKN-1 Pandih Batu yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen tes ujuk kerja keterampilan passing bawah. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif.
Hasil. Berdasarkan analisis data menunjukkan hasil pembelajaran passing bawah bolavoli menunjukkan adanya peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli. Hal ini ditunjukkan pada siklus I hanya 9 orang atau 60% peserta didik yang tuntas dan 6 orang atau 40% peserta diddik yang tidak tuntas selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan dari 15 orang peserta didik 11 orang atau 73% peserta didik yang tuntas dan 4 orang atau 27% peserta didik yang tidak tuntas.
Kesimpulan. Capaian hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli terlihat peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan menggunakan model Pembelajaran passing bawah bolavoli meningkat secara keseluruhan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Maria, Sunarno, Mashud, Yandi, Sahbana Ridha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.