Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Latihan Lari Sprint 50 Meter
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i1.530Kata Kunci:
Hasil Belajar, Lompat Jauh, Latihan, Lari Sprint 50 MeterAbstrak
Studi Pendahuluan. Banyak peserta didik yang kurang aktif bergerak saat mengikuti mata pelajaran olahraga khususnya Lompat Jauh, Seperti yang diuraikan diatas maka menarik minat penulis untuk mencoba melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Latihan Lari Sprint 50 Meter Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Prabumulih.
Bahan dan Metode. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut dengan action research, dimana penelitian ini akan dilakukan melalui beberapa siklus dengan harapan akan terjadi adanya peningkatan terhadap hasil yang akan dicapai, yaitu: (a) Perencanaan Pembelajaran, (b) Pelaksanaan Tindakan,(c) Pengamatan dan (d) Refleksi.
Hasil. Pada siklus I memperoleh skor rata-rata dengan kriteria kurang baik/rendah, mendapatkan hasil rata-rata kriteria ketuntasan mengajar yaitu 48%. Selanjutnya pada siklus II memperoleh skor rata-rata dengan kriteria baik, mendapatkan hasil rata-rata kriteria ketuntasan mengajar yaitu 98% Didapatkan data dari sebanyak siswa 25 orang nilai terendah yaitu 69 oleh Aprilia Pranadia dan nilai tertinggi 86 oleh Ibrahum Nasir.
Kesimpulan. Dengan menggunakan metode pembelajaran Lari Sprint 50 meter maka kemampuan siswa dalam melakukan Lompat Jauh dapat meningkat. Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Lari Sprint ini dari siklus I dan II mengalami peningkatan, yaitu ketuntasan siswa mencapai 99% berdasarkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 I Bagus Endrawan, Muslimin, Selvi Atesya Kesumawati, Dewi Sartika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.