Pembelajaran Berbasis Proyek Berbasis Keterampilan Gerak Lokomotor Dasar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i4.1458Kata Kunci:
Pembelajaran berbasis proyek, lokomotor, pendidikan jasmani, TGMDAbstrak
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) berbasis keterampilan gerak lokomotor dasar dan mengevaluasi efektivitasnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar.
Bahan dan metode. Metode penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa SDN 11 Kota Bima dengan tes awal yang melibatkan 20 siswa dan tes akhir yang melibatkan 40 siswa. Instrumen pengukuran keterampilan gerak lokomotor dasar menggunakan Tes Perkembangan Motorik Kasar (TGMD), meliputi keterampilan berlari, melompat, dan meloncat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan uji-t, N-Gain, dan validasi Aiken's V.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang signifikan setelah penerapan model. Rata-rata skor pretes (kognitif 66,5; afektif 66,8; psikomotor 68,0) meningkat pada postes (kognitif 85,3; afektif 86,0; psikomotor 88,5). Uji-t menghasilkan nilai 30,51 dengan p = 0,000 (<0,05), N-Gain sebesar 58,18% berada dalam kategori sedang hingga tinggi, dan validasi Aiken's V menunjukkan kriteria sangat valid (0,89–0,94).
Kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa mengintegrasikan TGMD ke dalam kerangka kerja PBL efektif meningkatkan keterampilan lokomotor, partisipasi aktif, motivasi, dan kolaborasi, sehingga mendukung perkembangan holistik dan meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Nasrullah Nasrullah, Irfan Irfan, Anas Ardiansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



