Pengaruh Latihan Boot Camp terhadap Peningkatan Kemampuan Fisik, Koordinatif dan Prestasi Lari 200 Meter pada Siswa Putri

Penulis

  • Zainab Qahtan Abdul Muhsin University of Baghdad

DOI:

https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i3.1318

Kata Kunci:

Pelatihan Kamp Pelatihan, Kemampuan Fisik, Kemampuan Koordinatif, Performa Lari 200 Meter

Abstrak

Tujuan Penelitian. Melalui keterlibatan instruksional ini, peneliti mengidentifikasi kekurangan yang nyata pada kemampuan fisik dan koordinasi, yang tampaknya berdampak buruk pada performa atletik, terutama dalam lari cepat 200 meter. Hal ini mendorong peneliti untuk mengeksplorasi metode-metode kontemporer untuk meningkatkan kapasitas tersebut. Di antara pendekatan yang diidentifikasi, latihan Boot Camp dengan rejimen intensitas tinggi muncul sebagai strategi yang menjanjikan dan mampu berkontribusi secara efektif pada area perkembangan fisik ini.

Bahan dan Metode. Peneliti merancang program latihan boot camp yang menargetkan peningkatan keterampilan fisik dan koordinasi di kalangan mahasiswi tahun keempat. Program ini diterapkan, dan dampaknya diukur melalui penilaian pra-dan pasca-intervensi terhadap variabel-variabel yang diteliti.

Hasil. Temuan menunjukkan bahwa latihan boot camp memiliki efek positif pada perkembangan kemampuan fisik dan koordinasi. Peningkatan ini juga terlihat pada peningkatan performa mahasiswa dalam nomor lari 200 meter.

Kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan boot camp merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan fisik dan motorik, terutama yang berkaitan dengan performa lari cepat pada nomor tertentu. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan agar program latihan siswi lebih menitikberatkan pada komponen kebugaran jasmani yang berkaitan dengan lari dan mengutamakan pengembangan kemampuan fisik dan motorik.

Diterbitkan

2025-08-24

Cara Mengutip

Muhsin, Z. Q. A. . (2025). Pengaruh Latihan Boot Camp terhadap Peningkatan Kemampuan Fisik, Koordinatif dan Prestasi Lari 200 Meter pada Siswa Putri. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 5(3), 375-385. https://doi.org/10.52188/ijpess.v5i3.1318