EFEKTIVITAS METODE SING A SONG DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS 2 MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINNIYAH AWALIYAH AL-MUSTAQIM DESA KERTAWINANGUN KOTA CIREBON

Penulis

  • Isti Amaliyas Sholichah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • A. Alvian Fitriyanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Tosuerdi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Kata Kunci:

Metode Sing A Song, Meningkatkan Minat belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Arab.

Abstrak

Skripsi ini membahas bagaimana penerapan metode sing a song dalam mengembangkan minat siswa pada pembelajaran bahasa Arab, karena mayoritas Madrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim, belum begitu mengerti tentang mata pelajaran bahasa arab.

Untuk mempermudah siswa kelas 2 dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab maka perlu adanya sebuah metode yang digunakan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena sukses tidaknya pembelajaran tergantung metode yang digunakan. Apalagi dalam pembelajaran bahasa Arab, yang mana pembelajaran bahasa Arab tidaklah mudah dan terkadang menjenuhkna. masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab diMadrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim,.

Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan tentang penerapan metode sing a song dalam pembelajaran bahasa arabMadrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim, dimana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi Madrasah Al-Muttaqim sebagai tempat penelitian.peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk menggali data dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 2 Madrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim,.

Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data hasil dari penelitian yang di lakukan.peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya metode yang menyenangkan.

Agar pembelajaran tidak membosankan, seorang guru perlu memilih metode yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran. Madrasah Diniyyah Awaliyah Al-Mustaqim, dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode sing a son dimana seorang guru menyampaikan meteriĀ  pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakanĀ  metode sing a song.

Diterbitkan

2024-05-29

Terbitan

Bagian

Artikel