Pendampingan Program Kebersihan dan Kelestarian Sekolah Berbasis Teknologi Tepat Guna untuk Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di SDN 3 Beber
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1541Kata Kunci:
kebersihan lingkungan, kelestarian sekolah, teknologi tepat guna, Pendidikan lingkungan, partisipasi siswaAbstrak
Lingkungan sekolah yang bersih dan terjaga merupakan fondasi penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi peserta didik. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di SDN 3 Beber berfokus pada pelaksanaan beberapa program strategis, antara lain: pembangunan teknologi tepat guna untuk pembakaran sampah minim asap, penyediaan taman sekolah, praktik langsung penanaman tanaman, pemberian materi tentang proses fotosintesis, serta sosialisasi mengenai pentingnya pemeliharaan lingkungan sekolah kepada siswa kelas 6. Pelaksanaan program ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif siswa dalam menjaga kebersihan serta keberlanjutan lingkungan sekolah. Dari hasil yang diperoleh, program-program tersebut berhasil mendorong peningkatan kesadaran dan kemampuan siswa dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan lestari.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Iin Kurniasih, Rizky Brehnaputrifajar Khaerudin, Roheni, Fauziah Amelia, Gina April Riyanti, Khoirul Syahri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.