Pelatihan Digitalisasi Desain Kemasan Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Visual UMKM: Studi Kasus Desa Wanayasa

Penulis

  • Riyanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Tuti Alawiyah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dicky Andika Sulaeman Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Fahmi Albi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ahmad Madani Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rahayu Firdaus Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1540

Kata Kunci:

Digitalisasi, UMKM, Stiker Kemasan

Abstrak

Artikel ilmiah ini memaparkan strategi digitalisasi yang spesifik dalam pemasaran dan produksi stiker kemasan untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Wanayasa. Fokus utama penelitian ini adalah pada observasi langsung terhadap kondisi UMKM serta proses praktis pembuatan stiker kemasan sebagai solusi konkret untuk meningkatkan daya tarik produk. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dengan observasi partisipatif dan eksperimen langsung pada salah satu UMKM sasaran. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan teknik digital printing dan desain grafis sederhana mampu meningkatkan nilai jual produk UMKM. Artikel ini juga memberikan rekomendasi langkah-langkah praktis yang dapat diterapkan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menduplikasi keberhasilan ini di lokasi lain

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Riyanto, Alawiyah, T., Sulaeman, D. A., Albi, F., Madani, A., & Firdaus, R. (2025). Pelatihan Digitalisasi Desain Kemasan Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Visual UMKM: Studi Kasus Desa Wanayasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Untukmu Nusantara, 2(2), 161-166. https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1540

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama