Peran Konselor Sekolah dalam Membangun Kolaborasi dengan Orang Tua dari Latar Belakang Petani untuk Mendorong Prestasi Belajar Siswa di Desa Kamarang Lebak
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v2i2.1537Kata Kunci:
Konselor Sekolah, Kolaborasi, Orang Tua Petani, Prestasi Belajar, Desa Kamarang LebakAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis peran konselor sekolah dalam membangun kolaborasi dengan orang tua siswa yang berprofesi sebagai petani di Desa Kamarang Lebak , serta dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Metode pengabdian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan konselor, guru, orang tua, dan siswa, serta observasi dan studi dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa orang tua dari latar belakang petani menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu karena bekerja di ladang, tingkat pendidikan formal yang rendah, dan persepsi bahwa pendidikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah. Konselor sekolah memainkan peran kunci sebagai, fasilitator, mediator, educator, dan advokator. Strategi yang efektif meliputi pendekatan komunikasi yang adaptif (menggunakan pertemuan non-formal, media sederhana seperti grup WhatsApp), program parenting yang kontekstual, dan pendekatan home visit yang empatik. Kolaborasi ini terbukti signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, mengurangi angka keterlibatan dalam pekerjaan fisik berat di luar sekolah, dan pada akhirnya mendorong peningkatan prestasi akademik. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi yang dibangun secara sistematis dan kultural oleh konselor sekolah merupakan pilar penting dalam mendukung kesuksesan pendidikan siswa di daerah agraris.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Asa Aodina Azzahra, Sulaeman, Elin Maulida Rahmawati, M. Daffa Abiyu, Astri Yanti, M. Albet Maulana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.