Improving Students' Spiritual Moral Through Wudhu and Prayer Practice Assistance at Madrasah Al-Ikhlas, Tambelang Village

Authors

  • Mikey Anggara Suganda Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Moh Halwan Fadli Ilhami Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Misbahus Sudur Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Winny Dwi Fitriyani Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rifqi Ramdhan Muttaqin Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1108

Keywords:

Students, Mentoring, Religious Practices

Abstract

Pendidikan merupakan usaha untuk membentuk manusia yang cerdas, terampil, dan bertakwa. Pembelajaran wudhu dan shalat sejak dini menjadi penting dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa TPQ kelas B tentang wudhu dan shalat melalui metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pendampingan dilakukan pada 21 Agustus 2024, dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang tata cara wudhu dan shalat. Pendampingan secara intensif juga memberikan dampak positif terhadap perilaku spiritual siswa. Penemuan utama dari penelitian ini adalah pentingnya keterlibatan orang tua dalam memperkuat pembelajaran di rumah. Kesimpulannya, metode PAR efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan ibadah siswa serta membangun kolaborasi antara sekolah dan orang tua.

Published

2025-02-10

How to Cite

Suganda, M. A. ., Ilhami, M. H. F. ., Sudur, M. ., Fitriyani, W. D. ., & Muttaqin, R. R. . (2025). Improving Students’ Spiritual Moral Through Wudhu and Prayer Practice Assistance at Madrasah Al-Ikhlas, Tambelang Village. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Untukmu Nusantara, 1(2), 93-101. https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1108

Most read articles by the same author(s)