Improving Students' Spiritual Moral Through Wudhu and Prayer Practice Assistance at Madrasah Al-Ikhlas, Tambelang Village
DOI:
https://doi.org/10.52188/junu.v1i2.1108Keywords:
Students, Mentoring, Religious PracticesAbstract
Pendidikan merupakan usaha untuk membentuk manusia yang cerdas, terampil, dan bertakwa. Pembelajaran wudhu dan shalat sejak dini menjadi penting dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa TPQ kelas B tentang wudhu dan shalat melalui metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pendampingan dilakukan pada 21 Agustus 2024, dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang tata cara wudhu dan shalat. Pendampingan secara intensif juga memberikan dampak positif terhadap perilaku spiritual siswa. Penemuan utama dari penelitian ini adalah pentingnya keterlibatan orang tua dalam memperkuat pembelajaran di rumah. Kesimpulannya, metode PAR efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan ibadah siswa serta membangun kolaborasi antara sekolah dan orang tua.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Mikey Anggara Suganda, Moh Halwan Fadli Ilhami, Misbahus Sudur, Winny Dwi Fitriyani, Rifqi Ramdhan Muttaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.