Pengaruh Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Benih Clarias gariepinus di Kelompok Budidaya Ikan Manunggal Jaya

Authors

  • Eulis Henda Nugraha Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Keywords:

Pakan Buatan, Tepung Keong, Dedak, Progol, Ikan Lele Sangkuriang (Claria gariepinus)

Abstract

Makanan mempunyai peranan sangat penting bagi makhluk hidup sebagai sumber energi untuk pemeliharaan tubuh, pertumbuhan, dan berkembangbiak. Di negara-negara yang usaha budidaya perikanannya telah maju, makanan tidak hanya digunakan sebagai sumber energi saja tetapi dimanfaatkan juga untuk tujuan tertentu, salah satunya sebagai sumber untuk mempercepat pertumbuhan pada ikan hias dengan menambahkan berbagai bahan tambahan yang dibutuhkan oleh ikan kedalam pakannya. Dalam memilih bahan untuk pakan ikan perlu dipertimbangkan kandungan nutrisi pakan, untuk dapat tumbuh dengan baik dan berkembangbiak ikan memerlukan bahan-bahan berupa protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air.Protein pada pakan ikan diperlukan sebagai sumber utama untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan pengganti sel-sel yang rusak. Dalam kebutuhan protein harus memperhatikan jenis dan umur ikan. Ikan berusia muda membutuhkan protein lebih banyak sebab berada pada fase pertumbuhan. Dalam penelitian ini bahan pakan yang digunakan adalah teung keong mas,  dedak, Progol dan tepung tapioka dengan komposisi dalam setiap perlakuan berbeda-beda. Sehingga hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan buatan dengan komposisi tepung keong mas (Pomacea canaliculata), dedak, progol, dan tepung tapioka terhadap pertumbuhan benih ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus) di Kelompok Budidaya Ikan Manunggal Jaya Desa Panunggul Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.

References

Amri, K., dan Khairuman. (2003). Buku Pintar Budidaya Ikan Konsumsi. Jakarta: Agri Media Pustaka

Amri, K., dan Khairuman. (2003). Membuat pakan ikan konsumsi. Tanggerang: Agromedia pustaka.

Buwono, I.D. (2000). Kebutuhan asam amino esensial dalam ransum ikan. Kanisius. Yogyakarta. 56hlm.

Cahyono, B. (2009). Budidaya lele dan Betutu (ikan langka bernilai tinggi). Jakarta: Pustaka Mina.

Djarijah, A.S. (1995). Pakan Alami. Yogyakarta : Kanisius

Effendie, M.I. (1997). Metode Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta, 258 hlmn.

Ekavianti, R. (2004). Laju Pertumbuhan Benih Ikan Botia (Botia macracanthus Bleeker) yang Dipelihara Dalam Sistem Resirkulasi Dengan Frekuensi Pemberian Pakan yang Berbeda. Program Studi Teknologi dan Manajemen Akuakultur. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institus Pertanian Bogor. Bogor.

Frikardo. (2009). Teknologi pembuatan pakan buatan. http://afsaragih.wordpress.com

Hendrawati, R. (2011). Pemanfaatan Limbah Produksi Pangan dan Keong Mas (Pomacea canaliculata) sebagai Pakan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Li M.H., Robinson E.H., Tucker C.S., Oberle D.F., Bosworth B.G. (2008). Comparison of Channel catfish Ictalurus punctatus and blue catfish, Ictalurus furcatus fed diets containing various levels of protein in production ponds. Journal of the World Aquaculture Society 39: 646–655.

Muktiani (2011) Budidaya Lele Sangkuriang Dengan Kolam Terpal. Yogyakarta: Pustaka Paru Press

Natalist. (2003). Pengaruh Pemberian Tepung Wortel (Daucus Carota L. Dalam Pakan Buatan Terhadap Warna Ikan Mas Koi Cyprinus Carpio L. Skripsi S1. Fakultas Tknologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sahwan,M.F. (2003). Pakan Ikan dan Udang : Formulasi, Pembuatan, Analisa Ekonomi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Zonneveld, N. Huisman, E. A. Boon, J. H. (1991). Jakarta: Budidaya Ikan. Gramedia

Published

2020-12-02

How to Cite

Nugraha, E. H. (2020). Pengaruh Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Benih Clarias gariepinus di Kelompok Budidaya Ikan Manunggal Jaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(2), 59-67. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/81

Issue

Section

Articles