Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon

Authors

  • Arbiyah Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Yati Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Gita Erlangga Kurniawan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Keywords:

hasil belajar, mencari pasangan, make a match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) terhadap hasil belajar siswa pembelajaran IPA pokok bahasan benda dan sifatnya kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest–posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian adalah kelas VA (kelas eksperimen) berjumlah 20 siswa dan kelas VB (kelas control) sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji regresi dan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) 83% peserta didik memiliki respon positif dan 17% memiliki respon negatif, maka nilai respon dikategorikan Sangat Kuat, (2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran mencari pasangan (make a match) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon sebesar 69,3%.

References

Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Model Make A Match Berbasis Lingkungan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 181–191.

Ahmadi, A. dan Supatmo. (2004). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 86–96.

Ismail, I. L. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, volume 1 n(2), 89–103.

Kusumah, M. I., Sutisna, S., & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 33–39.

Parwati, N. W. J., Sudarma, I. K., & Parmit, D. P. i. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7346

Putri, K.A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi di Kelas XI SMA Negeri 1 Stabat. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Sa’diah, Septian, D., & Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 30–36.

Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88.

Tanjung, A.N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match) Terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII MTS Al-Washliyah Sei. Kepayang Pekan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Tiballa, M. D. S., Sudana, D. N., & Gading, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make AMatch Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.

Trianto. (2015). Konsep Dasar IPA untuk PGSD/PGMI. Bandung: Mujahid Press

Wahyuni, S., & Harjono, N. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(2), 83–94.

Widodo, Ari, dkk (2007). Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press

Published

2020-03-31

How to Cite

Arbiyah, Yati, & Kurniawan, G. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Kelas V SD Negeri 1 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 29-34. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/79

Issue

Section

Articles