Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.78Kata Kunci:
model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT), hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) pada pembelajaran IPA SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon materi pokok sumber daya alam dan (2) adakah pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Sampel yaitu kelas IVA (kelas eksperimen) sebanyak 25 siswa dan kelas IVB (kelas control) sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian yaitu (1) respon siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) Sangat Tinggi dan (2) ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.
Referensi
Aly, A. & Rahma, E. (2009). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 86–96.
Arsini, N. N., Parmiti, D. P., & Sumantri, D. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester II SD Gugus VI Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Arum, N. A. S., Sudarmi, M., & Pattiserlihun, A. (2019). Media Belajar Lewat Kesalahan Film Kartun Untuk Mengajarkan HOTS Materi Dispersi Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 37–50.
Hutahaean, J., & Ratna, S. D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Menggunakan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester 2 Pada Materi Pokok Fluida Statis Di SMA Negeri 10 Medan TP. 2013/2014. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(4).
Kristian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, IX(2), 71–82.
Madroji, M., Zulaiha, F., & Faizah, F. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 17–23.
Muliyati, M., Ernawati, E., Rachmawaty, M., Yusminah, H., & Oslan, J. (2017). Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada peserta didik kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Masamba Kab. Luwu Utara. Pascasarjana.
Rustaman, R., Sutisna, S., & Sentosa, M. R. A. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Siswa Kelas X MA Pringgabaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 24–29.
Sa’diah, Septian, D., & Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 30–36.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sakban, A., & Wahyudin, W. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 18. https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.924
Septian, D. (2011). Pengaruh Model LC 7E dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Septian, D., Cari, & Sarwanto. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran Ipa Smp Kelas Viii. 6(1), 45–60.
Septian, D., & Farid, I. F. (2019). Pembelajaran IPA Mengunakan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) dengan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SDIT Al Akhyar Bae Kudus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 56–64.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88.
Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(2).
Yanti, K. D., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Zulaiha, F., Sinaga, P., & Rusli, A. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 65–71.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.