Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD

Penulis

  • Moh. Adim Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Endang Sri Budi Herawati Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Kota Cirebon, Indonesia
  • Naufalia Nuraya Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76

Kata Kunci:

Model Pembelajaran CTL, Media Kartu, Minat Belajar, IPA

Abstrak

Masalah utama yang ditemukan di SD Negeri Karanganom II Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon adalah rendahnya minat belajar mata pelajaran IPA. Kondisi ini terjadi karena pembelajaran dilakukan secara konvensional yang berpusat pada guru (Theacher Centered Learning). Guru sebagai pusat informasi dan siswa menerima materi secara pasif. Hal ini menyebabkan siswa jenuh dan bosan karena waktu belajar siswa sebagian besar digunakan untuk mengerjakan tugas, mendengarkan guru ceramah dan mengerjakan latihan. Untuk itulah penelitian ini merancang sebuah pembelajaran aktif dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL dengan media kartu pada materi bahasan bagian-bagian tumbuhan terhadap minat belajar siswa IPA siswa kelas IV SD Negeri Karanganom II Kecamatan Lemahwungkuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Preksperimental Design menggunakan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh, sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebelum dilakukan treatment, minat siswa terhadap pembelajaran IPA rata-rata adalah 54,75 (kategori respon cukup). Sedangkan setelah adanya treatment nilai rata-rata minat siswa menjadi 71,25 (kategori respon kuat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TCL menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan. Hal ini terlihat dari hasil uji T dimana thitung 5,152 > ttabel 2,042 sehingga H1 diterima. Adapun besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran TCL menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA siswa ditunjukkan oleh Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 57,3 yang berarti pengaruhnya masuk kategori kuat.

Referensi

Abror, A. (2015). Psikologi Pendidikan. Tiara Wacana Yogya.

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Jhonson, E. B. (2009). Contextual Teaching and Learning. MLC.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama.

Ningsih, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan PAIKEM Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 33 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 1. https://doi.org/10.26877/jp2f.v5i1.2355

Nurdyansah, & Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Paijo, Sabri, T., & Uliyanti, E. (2014). Penggunaan Media Kartu Bilangan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Qadriah, L. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. 2(2), 39–46. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2814

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Sari, I. P., Yenni, Y., & Raditya, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.251

Sugiyono. (2016). Metode Penelelitian Kuantitatif dan R and D. Alfabeta.

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11–18. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/2561/1499

Yus, S. R., & Surya, E. (2017). Pengaruh Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. October.

Diterbitkan

2020-03-31

Cara Mengutip

Adim, M. ., Herawati, E. S. B. ., & Nuraya, N. . (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1), 6-12. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76

Terbitan

Bagian

Articles