Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76Kata Kunci:
Model Pembelajaran CTL, Media Kartu, Minat Belajar, IPAAbstrak
Masalah utama yang ditemukan di SD Negeri Karanganom II Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon adalah rendahnya minat belajar mata pelajaran IPA. Kondisi ini terjadi karena pembelajaran dilakukan secara konvensional yang berpusat pada guru (Theacher Centered Learning). Guru sebagai pusat informasi dan siswa menerima materi secara pasif. Hal ini menyebabkan siswa jenuh dan bosan karena waktu belajar siswa sebagian besar digunakan untuk mengerjakan tugas, mendengarkan guru ceramah dan mengerjakan latihan. Untuk itulah penelitian ini merancang sebuah pembelajaran aktif dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL dengan media kartu pada materi bahasan bagian-bagian tumbuhan terhadap minat belajar siswa IPA siswa kelas IV SD Negeri Karanganom II Kecamatan Lemahwungkuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Preksperimental Design menggunakan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh, sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebelum dilakukan treatment, minat siswa terhadap pembelajaran IPA rata-rata adalah 54,75 (kategori respon cukup). Sedangkan setelah adanya treatment nilai rata-rata minat siswa menjadi 71,25 (kategori respon kuat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TCL menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan. Hal ini terlihat dari hasil uji T dimana thitung 5,152 > ttabel 2,042 sehingga H1 diterima. Adapun besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran TCL menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA siswa ditunjukkan oleh Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 57,3 yang berarti pengaruhnya masuk kategori kuat.
Referensi
Abror, A. (2015). Psikologi Pendidikan. Tiara Wacana Yogya.
Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Jhonson, E. B. (2009). Contextual Teaching and Learning. MLC.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama.
Ningsih, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan PAIKEM Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 33 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 1. https://doi.org/10.26877/jp2f.v5i1.2355
Nurdyansah, & Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Paijo, Sabri, T., & Uliyanti, E. (2014). Penggunaan Media Kartu Bilangan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.
Qadriah, L. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. 2(2), 39–46. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2814
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Sari, I. P., Yenni, Y., & Raditya, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.251
Sugiyono. (2016). Metode Penelelitian Kuantitatif dan R and D. Alfabeta.
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11–18. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/2561/1499
Yus, S. R., & Surya, E. (2017). Pengaruh Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. October.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.