Pembuatan Alat Simulasi Trainer Adder dan Subtractor

Penulis

  • Tommy Fadel Fahrezi Prodi Studi Avionika, Universitas Nurtanio, Kota Bandung, Indonesia
  • Yoana Nurul Asri Prodi Studi Avionika, Universitas Nurtanio, Kota Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.72

Kata Kunci:

Trainer, Adder, Subtractor

Abstrak

Pada dunia pendidikan khususnya elektronika memerlukan alat penunjang praktik seperti alat praktik rangkaian digital salah satunya ialah trainer. Dasar dari pembentukan sistem digital trainer adalah gerbang logika. Rangkaian digital terdiri dari sekelompok gerbang logika, yang beroperasi dalam bilangan biner. Untuk membuat trainer ini di butuhkan gerbang logika. Gerbang logika yang dipergunakan untuk membuat trainer adder dan subtractor yaitu: Inverting Gate, AND Gate, OR Gate, dan Exclusive-OR Gate. Untuk menjalankan trainer adder dan subtractor ini dibutuhkan tegangan 220 VAC dan menghasilkan output sebesar 5 VDC . Saat switch menghasilkan on, maka output bernilai 1 dan off menghasilkan output bernilai 0. LED berfungsi sebagai tampilan output dari rangkaian trainer. Pada trainer adder ini berfungsi untuk melakukan pertambahan suatu bilangan biner, yang terdiri dari 2 macam yaitu half adder dan full adder. Half adder berfungsi untuk pengoperasian pertambahan bilangan biner dengan 1 bit, kemudian untuk full adder berfungsi untuk melakukan pengoperasian pertambahan bilangan biner penuh lebih dari 1 bit. Sedangkan trainer subtractor berfungsi untuk melakukan pengurangan yang terdiri dari half subtractor untuk rangkaian operasi pengurangan sebagian pada data-data bilangan biner 1 bit. Full Subtractor untuk pengurangan penuh dengan bilangan biner lebih dari 1.

Referensi

Arora, H.S., Kochar, R., & Sharma, G. (2014). High Performance Implementation of Universal Gate using Low Power Source Gating Technique. International Journal of Computer Applications. (0975 – 8887) 96 (10).

Chattopadhyay, D. (1984). Foundations of Electronic. Wiley Eastern Limited : Calcutta. Terjemahan oleh Sutanto. (1989). Dasar Elektronik. Jakarta : UI-Press.

Depari, G. (2011). TEKNIK DIGITAL teori dan aplikasi. Bandung: Nuansa Aulia.

Hartanti, Dian. (2014). Pengembangan Aplikasi Modul Praktikum Gerbang Logika (AND, OR, dan NOT). Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika. Vol.7.

Rusmadi, D (2007). Mengenal Komponen Elektronika. Bandung: Pionior Jaya.

Siregar, H. F., & Parinduri, I. (2017). Protoype Gerbang Logika (And, Or, Not, Nand, Nor) pada Laboratorium Elektronika STMIK Royal Kisaran. Jurnal Teknologi Informasi, 1(1), 37–47.

Suhardi, D. (2015). Prototipe Controller Lampu Penerangan LED (Light Emitting Diode) Independent Bertenaga Surya. Jurnal Gamma, 10(1).

Diterbitkan

2019-09-09

Cara Mengutip

Fahrezi, T. F. ., & Asri, Y. N. . (2019). Pembuatan Alat Simulasi Trainer Adder dan Subtractor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 72-79. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.72

Terbitan

Bagian

Articles