Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi

Penulis

  • Fanni Zulaiha Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Parlindungan Sinaga Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia
  • Aloysius Rusli Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.71

Kata Kunci:

Inkuiri Terbimbing,, Worksheets, Problemsheets, Multi Modus Representasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan mendeskrispikan penerapan metode inkuiri terbimbing berbantuan worksheet dan pronlemsheets menggunakan multi modus representasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu satu kelas siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Cirebon yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing bernilai 18,3 dengan kategori baik. Artinya hampir 92% kegiatan pembelajaran yang direncanakan di RPP terlaksana. Adapun persepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan worksheet dan pronlemsheets menggunakan multi modus representasi menunjukkan nilai 75% dengan kategori positif.

Referensi

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Candra, D., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana. Variabel, 2(1), 31–34.

Cox, A. J., & Junkin III, W. F. (2002). Enhanced student learning in the introductory physics laboratory. Physics Education, 37(1), 37–44.

Dhany, A., & Salmah, U. (2013). The Development of Students Worksheet Using PMRI Approach On Materials Of Rectangle And Square For The VII Grade Students Of Junior High School. In Proceeding The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference.

Heuvelen, A. Van. (1991). Learning to think like a physicist: A review of research-based instructional strategies. American Journal of physics, 59(10), 891–897.

Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Jogjakarta: UNY Press.

Matlin. (1994). Cognition. New York: Mc. Graw Hill.

Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 6–16. Diambil dari http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/14/8

Sinaga, P., Suhandi, A., & Liliasari. (2015). The Effectiveness of Scaffolding Design in Training Writing Skills Physics Teaching Materials. International Journal of instruction, 8(1), 19–32.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Triyuni, N. N. E., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology, 3(1), 22–27.

Wahyudin, Sutikno, & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 58–62.

Yusuf, F. M., Nusantari, E., Abdul, A., & Abdan, H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa pada Konsep Pembelahan Sel. In Proceedings of the ICECRS (Vol. 2, hal. 253–260).

Zahro, U. S., Ellianawati, E., & Wahyuni, S. (2019). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 1–7.

Zulaiha, F., Sinaga, P., & Rusli, A. (2016). Developing Worksheet and Problemsheets Based On Critical Thinking Skills with Multimodal Representation. Proceeding International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Education. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zulaiha, F. (2017). Dampak Penggunaan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Jurnal Ilmiah Jendela ASWAJA. 6 (15). 22-33.

Zulaiha, F. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 28–32.

Diterbitkan

2019-09-09

Cara Mengutip

Zulaiha, F., Sinaga, P. ., & Rusli, A. . (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 65-71. https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.71

Terbitan

Bagian

Articles