Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X

Penulis

  • Dewi Kusuma Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59

Kata Kunci:

Keterbacaan, Buku Teks Fisika

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku teks fisika SMA kelas X pada materi Suhu dan Kalor. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian menggunakan analisis isi dengan menelaah buku pelajaran fisika SMK kelas X. Objek yang dipilih yang dipilih dalam penelitian ini adalah buku teks fisika untuk SMK kelas X karangan Endarko dkk. penerbit Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan analisis data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa hasil analisis tingkat keterbacaan buku ajar fisika untuk SMK kelas X pada materi suhu dan kalor karangan Endarko dkk dari beberapa indikator sudah memenuhi syarat.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Dewi, P.P.T.K. (2013). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Blahbatuh Melalui Uji Tes Rumpang. Undiksha: tidak diterbitkan.

Fatriani. (2014). Analisis Miskinsepsi Buku Ajar Fisika SMA kelas X Pada Materi Vektor. IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Fitrianingrum, N, Sunarno, W., & Harjunowibowo, D. (2013). Analisis Mikrokonsepsi Gerak Melingkar pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika SMA kelas X semester 1, Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1): 73-80

Hidayat A.T., Surantoro. & Wiyono, E. (2012). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Semester 1 pada Tinjauan kesalahan Konsep, Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (5): 456-460.

Mukti, A.D.Y., Raharjo, T., & Wiyono, E. (2010). Idntifikasi Miskonsepsi Dalam Buku Ajar fisika SMA Kelas X Semester Gasal, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1): 39-45.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta. Prenadamedia Group.

Sitepu, B.P. (2012). Penuisan Buku Teks Pelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, HG dan Tarigan, D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung. Angkasa.

Diterbitkan

2018-09-12

Cara Mengutip

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 14-21. https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59

Terbitan

Bagian

Articles