Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa

Penulis

  • Damar Septian Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.58

Kata Kunci:

model learning cycle, multimedia interaktif berbasis learning cycle, pengetahuan awal, gaya belajar, prestasi belajar kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle antara siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan rendah, antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan kinestetik, serta interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas VIII SMP 7 Cirebon tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Data dikumpulkan dengan metode tes tertulis untuk prestasi belajar kognitif dan pemahaman awal siswa serta metode angket untuk gaya belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 2x2x2. Hasil pada penelitian ini adalah (1) ada pengaruh pembelajaran IPA dengan model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (2) ada pengaruh pengetahuan awal terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (3) tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (4) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (5) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (6) tidak ada interaksi antara pengetahuan awal siswa dengan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA; (7) ada interaksi antara model learning cycle berbantuan multimedia interaktif berbasis learning cycle dengan pengetahuan awal dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA.

Diterbitkan

2018-09-12 — Diperbaharui pada 2021-06-07

Versi

Cara Mengutip

Septian, D. (2021). Pembelajaran IPA dengan Learning Cycle Berbantuan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.58 (Original work published 12 September 2018)

Terbitan

Bagian

Articles