Analisis Efisiensi Pengajaran Project Based Learning Pada Praktikum Pipa Organa Sederhana

Penulis

  • Rahma Amelia Oktapiani DKI JAKARTA
  • Haifina Nuzha Nairiza Hamdie Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Febriana Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.551

Kata Kunci:

Pipa Organa, Cepat Rambat, Panjang Gelombang

Abstrak

Proses pembelajaran di dalam fisika memerlukan media sebagai gambaran untuk dapat menerapkan konsep sehingga lebih mudah dipahami. metode ini juga berguna untuk seorang pendidik agar mampu menganalisis kemampuan belajar pada setiap siswa, akan tetapi pada konsep getaran, gelombang bunyi serta frekuensi masih banyak kesalahan dalam pemahamannya dan pada materi pipa organa belum banyak dilakukan penerapan media ini. sehingga peneliti membuat media dari botol kaca dengan menggunakan metode project Based learning dalam pengimplemntasian dengan tujuan siswa mampu memahami konsep getaran, gelombang bunyi serta frekuensi lebih lanjut, mengetahui cara kerja atau prinsip yang digunakan serta , dapat menganalisis faktor yang mempengaruhi dalam cepat rambat gelombang serta frekuensi yang dihasilkan. Dari penelitian ini didapat panjang gelombang pada tiap botol dari 1 sampai 7 adalah 5,86 , 5,07 , 4,92 , 4,72 , 4,30 , 3,95 dan frekuensi resonansi sebesar 58,02, 134,12 , 207,31 , 288,13 , 375,27 , 474,41 , 602, 53.

Referensi

Abdullah, Mikrajuddin. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Adegbija, MV & Fakomogbon, MA. (2012). Instructional media in teaching and learning : a Nigerian perspective. Global Media Journal African Edition. 6 (2), 216-230

Agustina, I., Astuti, D.(2016). Pengembangan Alat Eksperimen Cepat Rambat Bunyi Dalam Medium Udara Dengan Menggunakan Metode Time of Flight (TOF) dan Berbantuan Software Audacity UPEJ, 5(3).

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Azalia, A., Ramadhanti, D., Hestiana, H., & Kuswanto, H. (2022). Audacity Software Analysis In Analyzing The Frequency And Character Of The Sound Spectrum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 177–182

Candra, Riski Ayu, Agung Tri Prasetya, dan Ratni Hartati. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(2), 2437 – 2446.

Chasanah, Angga Risnaini Uswatun, Nur Khoiri, Harto Nuroso. 2016. Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7(1), 19-24.

Fadhilla, Rahayu Ade,dkk. (2017) Interferensi Gelombang Bunyi Pada Pipa Organa Tertutup. Bandung: ITB.

Fajrina, Rani Nur Arifah Agus, Supriyono Koes Handayanto, dan Arif Hidayat. 2018. Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(3), 291-295

Farida, N.Melati, P., Ruqoyah, R., Yuristyansyah, V., & Antarnusa, G.(2020). Pengaruh Amplitudo (A), Frekuensi (f), Dan Tegangan Gelombang Pada Tali Berbasis PheT Simulation. Jurnal Untirta. 3(1), 408-414.

Fitriyani, A. O., & Andryani, F. (2023). Analisis Akurasi Penerapan Software Audacity Dalam Menentukan Nilai Frekuensi Pada Praktikum Pipa Organa. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 24

Giancoli, (2014). Fisika Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Gunawan, Hairunnisyah Sahidu, Ahmad Harjono, dan Ni Made Yeni Suranti. 2017. The Effect Of Project Based Learning With Virtual Media Assistance On Student’s Creativity In Physics. Jurnal Cakrawala. (2), 167-178.

Haisy, Caisar Muhammad, dkk. (2015). Pengembangan Alat Peraga Resonansi Dan Efek Doppler Berbasis Soundcard Pc/Laptop Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMA. Prosiding Vol 4, 9-15

Halliday, R & Walker. (2010). Fisika Dasar Edisi ke 7. Jakarta: Erlangga

Hellesund, S., 2019. Measuring the speed of sound in air using a smartphone and a cardboard tube. Physics Education, 035015(54), pp. 1-5.

Kadri, S., Jaafar, R., Adli, W. Z. & Nazihah, A., 2013. Physics demonstration of sound waves using Visual Analyser. Latin American Journal of Physics Education, 7(1), pp. 10-15.

Khoiril, N, A Marinia, dan W Kurniawan. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.7(2), 142-146.

Kua, M.Y., Maing, C.M.M., Tabun, Y.F. et al. (2021). Teori dan Aplikasi Fisika Dasar. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Lucky Dessitasari, I. S., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2021). Pengembangan Pipa Organa Menggunakan Aplikasi Physics Toolbox Suite Untuk Menentukan Cepat Rambat Bunyi Di Udara Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Gelombang Bunyi. 10(1), 8–13

Lutfiyah, A. et al., 2017. Correction factors in determining speed of sound among freshmen in undergraduate physics laboratory. Surabaya, Seminar Nasional Fisika (SNF) 2017.

Macho-stadler, E. & Elejalde-garcia, M. J., 2018. Experiments with Kundt’s tube. Bilbao, GIREP-MTPL 2018.

Moldenhauer, J. & Stratmann, K., 2009. Dust Figures in Kundt’s Tube – Investigations on the Formation of Ripples, Oldenburg: Universität Oldenburg, Institut für Physik - Akustik.

Muhafid, d. (2014). Pengembangan Alat Eksperimen Bunyi dengan Sistem Akuisisi Data Berbasis Smartphone Android. Jurnal Fisika Vol 4 (2), 14-18.

Nugraheni, D. 2018. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 9(2), 73-79.

Nur Sulistyo, E., 2017. Design and development of multipurpose Kundt’s tube as physics learning media. Yogyakarta, International Conference on Mathematics, Science and Education 2017 (ICMSE2017).

Sari, Wahyu Pramudita, Arif Hidayat, dan Sentot Kusairi. 2019. Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(6), 751- 757.

Sumarni, L. (2017). Utilizing Audacity Audio-Recording Software To Improve Consecutive And Simultaneous Interpreting Skills. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching).1(2), 185-193

Syauqi, dkk. (2018). Pengembangan KIT Tabung Resonansi berbantuan Aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite Media Pembelajaran Gelombang Bunyi, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol 7 (2), 325-330

Utami, M. S. N., Arif, N. R. & Yulianto, A., 2014. Pengaruh Frekuensi Resonansi Terhadap Penurunan Suhu Pada SIstem Termo klastik Sederhana. Jurnal Fisika, 4(2), pp. 101-104.

Yanto, I.W.R., Wahyoo, U., & Ali, M.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Seruling Sederhana Berbantuan Software Audacity pada Materi Pipa Organa. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT). 7 (3) 44-50.

Yustina, W.Syafii, dan R. Vebrianto. 2020. The Effects of Blended Learning and Project Based Learning on Pre-Service Biology Teachers Creative Thinking Through Online Learning In The Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Science Education. 9(3), 408-420.

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Oktapiani, R. A., Hamdie, H. N. N., & Damayanti, F. E. (2024). Analisis Efisiensi Pengajaran Project Based Learning Pada Praktikum Pipa Organa Sederhana . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(2), 136-143. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.551

Terbitan

Bagian

Articles