Sistem Kontrol dan Monitoring Kadar Nutrisi Pada Vertikal Akuaponik Berbasis Arduino Nano

Penulis

  • Yoana Nurul Asri Universitas Nurtanio

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i2.296

Kata Kunci:

Vertikal akuaponik, Nutrisi, TDS Meter

Abstrak

Vertikal akuaponik merupakan gabungan dari akuakultur, yaitu membudidayakan ikan dan hewan air lainnya, dan hidroponik yang menanam tanaman tanpa tanah secara vertikal. Sistem ini menggunakan keduanya dalam kombinasi simbiosis di mana tanaman diberi makan berupa limbah hewan air. Dalam  aquaponik, tanaman ditanam di bedengan, dan ikan ditempatkan di tangki ikan. Air yang kaya nutrisi dari tangki ikan yang berisi kotoran ikan diumpankan ke tempat tumbuh, di mana miliaran bakteri menguntungkan yang terjadi secara alami memecah amonia menjadi nitrit dan kemudian menjadi nitrat. Tanaman menyerap nitrat ini dan nutrisi lain untuk membantu mereka tumbuh. Akar tanaman membersihkan dan menyaring air sebelum mengalir kembali ke tangki ikan agar ikan dapat hidup. Air segar, bersih, dan beroksigen bersirkulasi kembali ke tangki ikan, di mana siklus akan dimulai lagi. Salah satu cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari vertikal akuaponik ialah menjaga kadar nutrisi di dalam media air. Sistem dirancang menggunakan sensor TDS meter yang berfungsi sebagai pengamat kadar nutrisi pada larutan. Berdasarkan hasil pengujian sensor maka keakuratannya mendekati 93%. Dalam sistem ini diuji coba dengan tiga jenis larutan yang berbeda.

Referensi

Arasada B, Suprianto B. (2017). Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada

Ruang Menggunakan Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro. 2017;6.

Cahyani H, Harmadi, Wildian. (2016). Pengembangan Alat Ukur Total Dissolved Solid (TDS)

Berbasis Mikrokontroler Dengan Beberapa Variasi Bentuk Sensor Konduktivitas. Jurnal

Fisika Unand.

Desmira, Aribowo D, Pratama R. (2018). Penerapan Sensor pH Pada Area Elektrolizer Di PT.

Sulfindo Adiusaha. Jurnal PROSISKO. 2018;5.

Dirgantara, Erlangga., Arifuddin, Rahman., Mujahidin, Irfan (2021). Monitoring Akuaponik dengan Android untuk Meningkatkan Minat Masyarakat dalam Bercocok Tanam di Kecamatan Porong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang.6(1)

Perteka, Putu D., Piarsa, I.N., Wibawa, Kadek S. (2020). Sistem Kontrol dan Monitoring Tanaman Hidroponik Berbasis Internet of Things. 8 (3).

Rahayu, N., Utami, W. S., & Razabi, M. M. (2018). Rancang bangun sistem kontrol dan pemantauan

aquaponic berbasis IoT pada Kelurahan Kutajaya. Innovative Creative and Information

Technology, 4(2), 192–201.

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Asri, Y. N. . (2022). Sistem Kontrol dan Monitoring Kadar Nutrisi Pada Vertikal Akuaponik Berbasis Arduino Nano. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 5(2), 94-99. https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i2.296

Terbitan

Bagian

Articles