Visualisasi Dan Penyelidikan Gelombang Stasioner dengan String Machine : Kombinasi Arduino Uno dan Transistor sebagai Media Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v8i1.1234Keywords:
Gelombang stasioner, String Machine, Media Pembelajaran,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Mesin Dawai (String Machine) sebagai media pembelajaran gelombang stasioner. Konsep gelombang stasioner bersifat abstrak, sehingga diperlukan media yang dapat memvisualisasikannya secara langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Pengujian dilakukan hingga tahap kelayakan secara teoritis. Mesin Dawai memanfaatkan dua buah dinamo yang ditenagai oleh adaptor 12V untuk memutar dawai yang dikontrol oleh potensiometer yang terhubung dengan Arduino Uno. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat yang dikembangkan dapat memvisualisasikan fenomena gelombang stasioner secara real time melalui variasi tegangan dawai, frekuensi osilasi, dan panjang dawai, sehingga memungkinkan siswa untuk mengamati hubungan antara parameter fisis dan pola gelombang yang dihasilkan. Percobaan lebih lanjut menentukan kecepatan gelombang pada dawai sebesar 15 m/s, yang dihitung dengan menggunakan hubungan antara daya listrik dan daya mekanik. Pengujian dan uji kelayakan perangkat ini masih dalam proses. Pengembangan alat ini belum sampai pada tahap uji coba di lapangan. Alat ini dapat dijadikan sebagai alternatif alat pembelajaran untuk membantu siswa dan mahasiswa dalam memahami teori dasar tentang gelombang stasioner.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Hanifah Zakiya, Kartini Herlina, Ryna Aulia Falamy, Lita Maylanindia Nela, Titik Dwi Asih, Reva Mela Yunita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.