Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika Pada Materi Fluida Di Kelas XI SMAN 12 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1075Kata Kunci:
Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar , FisikaAbstrak
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar fisika siswa kelas XI di SMAN 12 Makassar. Metode penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest dua kelompok, di mana satu kelompok bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar dengan teknik Purposive Sampling dengan kelas XI- IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI- IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket mitivasi belajar fisika siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 24 soal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen adalah 88,75 , sedangkan di kelas kontrol adalah 87,21. Rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 104,16 , sementara rata-rata nilai posttest di kelas kontrol lebih rendah, yaitu 92,90. Berdasarkan analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh peningkatan 49,31 pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang dan nilai N-Gain pada kelas kontrol meningkat sebesar 17,35 dikategorikan rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar.
Referensi
Arafah, K., Rusyadi, R., Arafah, B., & Arafah, A. N. B. (2020). The Effect of Guided Inquiry Model and Learning Motivation on the Understanding of Physics Concepts. Journal of Talent Development and Excellence, 12(1), 4271-4283.
Fahrunnisa.,Yusri Handayani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 13 Makassar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika. 8(2)hal 258-265. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4255.
K. C. S. Anggraini, “Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Keterampilan Sosial,” Lamongan Nawa Litera Publ., 2022.
Maknun, J. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students. International Education Studies, 13(6), 117-130.
M. Safitri et al., Model pembelajaran inovatif. Media Sains Indonesia, 2021
Miftakhul, J. Elok, S, Roihana Waliyyul Mursyidah. 2024. Analisis Keterampilan Literasi Sains Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry. PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains. 12(3) Hal. 88-92.
N. Harjilah, R. Medriati, and D. Hamdani, “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika,” J. Kumparan Fis., vol. 2, no. 2 Agustus, pp. 79–84, 2019.
Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324–328.
Syamsudin, A dan Dewi Hikmah Marisda. 2021. Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models Viewed From Physics Learning Achievements. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 9(2)135-140. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i2.8630.
Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 4(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v4i1.13315
Ute, N., Hunaidah, H., Erniwati, E., Nursalam, L. O., & Sukariasih, L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3524.
Umamah, C., Herman Jufri Andi, & Sitti Aisah. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Alat Peraga Barbeku terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 142–150. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.50.
Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 fahrunnisa fahrunnisa, Andi Nurfadilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Transfer Agreement
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and Physics Education Programs of UNU Cirebon as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) and UNU Cirebon and the Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.