Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika Pada Materi Fluida Di Kelas XI SMAN 12 Makassar

Penulis

  • Fahrunnisa Fahrunnisa universitas muhammadiyah makassar
  • Andi Nurfadilah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1075

Kata Kunci:

Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar , Fisika

Abstrak

 penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar fisika siswa kelas XI di SMAN 12 Makassar. Metode penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest dua kelompok, di mana satu kelompok bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI  SMA Negeri 12 Makassar dengan teknik Purposive Sampling dengan kelas XI- IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI- IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket mitivasi belajar  fisika siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 24 soal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen adalah 88,75 , sedangkan di kelas kontrol adalah 87,21. Rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 104,16 , sementara rata-rata nilai posttest di kelas kontrol lebih rendah, yaitu 92,90. Berdasarkan analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh peningkatan 49,31 pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang dan nilai N-Gain pada kelas kontrol meningkat sebesar 17,35 dikategorikan rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar.

Referensi

Arafah, K., Rusyadi, R., Arafah, B., & Arafah, A. N. B. (2020). The Effect of Guided Inquiry Model and Learning Motivation on the Understanding of Physics Concepts. Journal of Talent Development and Excellence, 12(1), 4271-4283.

Fahrunnisa.,Yusri Handayani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 13 Makassar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika. 8(2)hal 258-265. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4255.

K. C. S. Anggraini, “Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Keterampilan Sosial,” Lamongan Nawa Litera Publ., 2022.

Maknun, J. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students. International Education Studies, 13(6), 117-130.

M. Safitri et al., Model pembelajaran inovatif. Media Sains Indonesia, 2021

Miftakhul, J. Elok, S, Roihana Waliyyul Mursyidah. 2024. Analisis Keterampilan Literasi Sains Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry. PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains. 12(3) Hal. 88-92.

N. Harjilah, R. Medriati, and D. Hamdani, “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika,” J. Kumparan Fis., vol. 2, no. 2 Agustus, pp. 79–84, 2019.

Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324–328.

Syamsudin, A dan Dewi Hikmah Marisda. 2021. Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models Viewed From Physics Learning Achievements. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 9(2)135-140. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i2.8630.

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 4(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v4i1.13315

Ute, N., Hunaidah, H., Erniwati, E., Nursalam, L. O., & Sukariasih, L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3524.

Umamah, C., Herman Jufri Andi, & Sitti Aisah. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Alat Peraga Barbeku terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 142–150. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.50.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Fahrunnisa, F., & Nurfadilah, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika Pada Materi Fluida Di Kelas XI SMAN 12 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 7(2), 86-91. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i2.1075

Terbitan

Bagian

Articles